Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

SATGASUD TERUS OPTIMALKAN WATER BOMBING

Bagikan via:

Dua pesawat helikopter jenis Sikorsky dan Bolco milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang dioperasionalkan Satgasud di Lanud Roesmin Nurjadin, melaksanakan Water Bombing di daerah Pelelawan masing-masing sebanyak 48 Sorties oleh Sikorsky dan 40 Sorties oleh Bolco. Dibawah kendali Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb Andyawan. M.P, S.IP selaku Dansatgasud kedua helikopter tersebut dikerahkan memadamkan titik api yang terjadi de daerah tersebut, Selasa (27/8). Selain mengerahkan pesawat helikopter, Satgasud juga mengerahkan pesawat jenis Cassa melaksanakan penyemaian garam untuk hujan buatan. Sebanyak satu ton garam telah disebar diwilayah Pelelawan, Selasa (27/8).  
Bencana asap kembali mengganggu aktivitas masyarakat di provinsi Riau, dalam dua hari terakhir jarak pandang di kota Pekanbaru tidak mencapai 1000 Meter sehingga beberapa maskapai penerbangan sipil yang akan mendarat di bandara Sultan Syarif Kasim II di alihkan ke bandara lain. Dari pantauan satelit pada sore kemarin (27/8) terdeteksi 279 Hot Spot yang tersebar dibeberapa daerah provinsi Riau.        
.Hari ini, Rabu (28/8) direncanakan seluruh alutsista tersebut kembali melaksanakan tugasnya dalam upaya menanggulangi bencana asap yang terjadi di provinsi Riau.