Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

PERSONEL LANUD RSN IKUTI TEST KESAMAPTAAN JASMANI

Bagikan via:


Segenap personel Lanud Roesmin Nurjadin baik Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai negeri Sipil (PNS) mengikuti Tes Kesamaptaan jasmani yang dilaksanakan di GOR Andalan Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (6/5).


Pada tes kesemaptaan kali ini sudah diterapkan sistem penilaian atau metode Samapta yang baru. Perubahan yang paling mendasar adalah pada saat  lari, dimana pada metode sebelumnya setiap personel melaksanakan lari dengan batasan waktu 12 Menit dan dihitung berapa jarak tempuh yang bisa dicapai selama waktu 12 menit tersebut. Pada metode yang baru ini, seluruh personel diwajibkan lari dengan pencapaian jarak sejauh 2400 Meter dan yang dinilai adalah jumlah waktu yang dibutuhkan dalam mencapai jarak 2400 Meter tersebut. Perubahan lainnya adalah teknis pelaksanaan Sit Up yang tidak mengharuskan lagi posisi tangan mengayam dibelakang kepala akan tetapi posisi tangan lurus kedepan serta seluruh jari-jari tangan terbuka. Pada metode tes Kesamaptaan Jasmani yang sudah diberlakukan ini juga memperhitungkan kategori umur atau usia peserta.


Kegiatan ini selain agenda rutin Pembinaan Jasmani setiap semester, pelaksanaan Tes Kesamaptaan Jasmani ini juga dijadikan persyaratan bagi sejumlah personel yang akan di usulkan kenaikan Pangkat pada periode Oktober tahun 2014 ini dan dibimbing langsung oleh Kasi Binjas Lanud Rsn, Mayor Kes Gunawam Wibisono.