Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

SHOLAT IDHUL ADHA DAN PENYEMBLIHAN HEWAN QURBAN DI LANUD RSN

Bagikan via:


Ribuan jamaah yang berasal dari keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin dan warga masyarakat mengikuti sholat berjamaah Idhul Adha 1435 H yang diselenggarakan di Hanggar Skadron Udara 16, Minggu (5/10). Tampak Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis beserta seluruh anggota keluarganya turut Sholat Idul Adha 1435 ini.


Pada kesempatan tersebut Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Shalat  Idul Adha 1435 H yang diselenggarakan ini bersamaan dengan kehadiran jutaan jamaah haji dari segala penjuru dunia yang sedang menyelesaikan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekah, dimana suara mereka bertaut dengan suara kita dengan mengagungkan Asma Allah berupa Takbir, Tahlil dan Tahmid. Danlanud juga menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah Qurban merupakan bukti keimanan, kecintaan dan kepasrahan kita kepada Allah SWT, Qurban juga mengingatkan manusia bahwa jalan menuju kebahagiaan senantiasa menuntut pengorbanan. Danlanud juga mengajak seluruh jamaah untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya.


Setelah pelaksanaan Sholat Idhul Adha diisi dengan ceramah oleh ustad DR. H. Zamharil Yahya, MA. Disampaikan bahwa, ada tiga pesan peringatan Hari Raya Idul Adha, yakni perjalanan hidup manusia banyak mengalami tantangan baik tantangan dari diri sendiri maupun tantangan yang berasal dari lingkungan sekitar, oleh karenya tantangan hidup tersebut harus dihadapi secara konsisten  yang selalu berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, yang kedua disampaikan bahwa, manusia yang diciptakan oleh Allah SWT memiliki sifat-sifat kemanusiaan dimana manusia tersebut memiliki sifat peduli terhadap sesama manusia dengan berqurban untuk berbagi dengan manusia lainnya. Sedangkan yang ketiga adalah pelaksanaan berqurban meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT sekaligus menjalin keharmonisan hidup dengan sesama manusia lainnya.


Usai pelaksanaan Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan pemotongan hewan Qurban yang dilaksanakan di mesjid Amrullah Lanud Rsn. Pada kesempatan tersebut Danlanud Rsn beserta keluarga menyerahkan satu ekor sapi qurban kepada ketua perayaan Hari Raya Idul Adha 1435, Mayor Sus Edison, S.Ag.


Pada pelaksanaan ibadah Qurban 1435 H ini tercatat sebanyak 10 ekor sapi dan 14 ekor kambing yang berasal dari qurban warga Lanud Roesmin Nurjadin dipotong dan dagingnya dibagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerimanya.