Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Latihan Bido Gesit 2016 Selesai

Bagikan via:

Masih dalam rangkaian Latihan Bido Gesit 2016, dilaksanakan latihan penanganan bahaya kebakaran serta SAR Tempur (Sarpur) oleh seluruh peserta Latihan, Kamis (24/3).

Diasumsikan salah satu bangunan di wilayah Lanud Rsn mendapatkan teror bom dari kelompok Orang Tak Dikenal (OTK) hingga terjadi ledakan, namun berkat kesigapan personel Lanud, kebakaran yang terjadi akibat ledakan tersebut dapat diatasi dan bangunan pun dapat diamankan.

Sementara itu, salah seorang penerbang Hawk 200 harus melaksanakan eject dari pesawat dan berada pada suatu koordinat tertentu. Dalam situasi tersebut Komandan Latihan memerintahkan pelaksanaan Sarpur dan segera mengevakuasi korban melalui udara menggunakan helikopter.

Helikopter Puma yang sudah standby di Lanud pun diperintahkan menuju koordinat yang ditentukan guna melaksanakan evakuasi udara. Setelah korban berhasil ditemukan, tim SAR langsung melaksanakan evakuasi udara menuju Lanud Rsn, agar  korban segera dapat dibawa ke rumah sakit Lanud Rsn guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Walaupun bersifat latihan namun seluruh peserta latihan melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, karena dengan latihan tentu kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit akan terus terjaga.

Dengan dilaksanakannya dua latihan ini juga menandakan bahwa Latihan Bido Gesit 2016 yang telah berlangsung sejak Selasa (22/3) lalu telah usai.