Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Patroli Udara Lanud Roesmin Nurjadin Pantau Banjir

Bagikan via:

Tak hanya melakukan pemantauan kebakaran hutan dan lahan, Lanud Roesmin Nurjadin juga melaksanakan patroli udara untuk memantau musibah banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, Selasa (7/3).

Dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja yang terdapat di Lanud Rsn, patroli dilakukan di wilayah Kampar dan sekitarnya hingga daerah Pangkalan di perbatasan Sumatera Barat-Riau.

Danlanud Rsn Marsma TNI Henri Alfiandi mengatakan Lanud Rsn tak hanya siaga bencana asap tetapi juga siaga menghadapi bencana lain seperti banjir dan longsor yang terjadi di provinsi Riau.

“Dari hasil pantauan yang dilakukan akan disampaikan kepada BPBD Riau untuk kemudian ditentukan apakah langkah selanjutnya”, lanjut Danlanud.

Danlanud juga menambahkan dengan patroli ini, dapat diketahui bagaimana situasi di area terjadinya bencana, sehingga Lanud akan siap untuk membantu apabila nantinya ada kemungkinan untuk mengerahkan helikopter TNI AU.

“Apabila ada permintaan dari BPBD untuk men-drop bantuan melalui udara, dikarenakan akses yang sulit dan tidak dapat dijangkau dengan jalan darat, tentu kita akan siap siaga membantu”, pungkas Danlanud.