Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Lanud Rsn Laksanakan Latihan Kamhanlan

Bagikan via:

Lanud Roesmin Nurjadin mendapatkan informasi intelijen bahwa akan ada sekelompok musuh yang akan menyusup serta mensabotase Lanud Roesmin Nurjadin.

Atas dasar informasi tersebut, maka Lanud Rsn menyiapkan kompi taktis untuk melaksanakan kegiatan patroli dan pengintaian terhadap kelompok musuh tersebut. Setelah didapatkan lokasi serta jumlah pasti dari musuh, maka kompi taktis Lanud melaksanakan koordinasi untuk melakukan penyergapan.

Tepat di waktu yang ditentukan, maka para personel yang tergabung dalam kompi taktis melakukan penyerbuan ke kubu musuh, dan alhirnya musuh pun dapat dilumpuhkan.  

Ini bukanlah situasi yang nyata, namun hanya skenario dari Latihan Pengamanan dan Pertahanan Pangkalan yang digelar oleh Lanud Roesmin Nurjadin guna meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan personelnya, Jum’at (9/3).

Kadisops Lanud Rsn Letkol Pnb Jajang Setiawan, mengatakan latihan ini bertujuan untuk melatih kemampuan personel dalam mempertahankan dan mengamankan Lanud Rsn dari adanya ancaman ataupun gangguan baik yang berasal dari dalam maupun luar.

“Selain itu juga untuk menguji Prosedur Tetap (Protap) mengenai Kamhanlan yang dimiliki oleh Lanud Rsn”, tambahnya.

Latihan dengan sandi “Hanlan-18” ini sendiri dilaksanakan di wilayah Lanud Rsn, kemudian melibatkan 108 orang yang terdiri dari para pelaku, pelatih, staf Kolat serta pendukung.

Diharapkan melalui latihan ini, kemampuan dan kesiapsiagaan personel Lanud Rsn dalam melaksanakan pengamanan dan pertahanan pangkalan akan selalu terjaga dan meningkat, sehingga dapat menjaga wilayah Lanud Rsn dari adanya kemungkinan ancaman atau gangguan yang dapat menghambat pelaksanaan tugas Lanud Rsn.