Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

UPTD Puskesmas Simpang 3 Pekanbaru Laksanakan Bulan Imunisasi Terhadap SD Angkasa

Bagikan via:


Mengantisipasi terjadinya penyebaran berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus sekaligus meningkatkan kesehatan  pada anak-anak, UPTD Puskesmas Simpang 3 bekerjasama dengan Yasarini Lanud Roesmin Nurjadin menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), bertempat di SD Angkasa Lanud Rsn, Selasa (29/1/).

Penanggung Jawab dari Puskesmas Simpang 3 Pekanbaru, Ibu Lidia Sukmawati, AMK, mengatakan bahwa bagi anak-anak didik ada 2 hal yang menyebabkan mudahnya diserang penyakit  yaitu: virus tetanus yang menyebabkan penyakit demam tingkat tinggi, Kejang-kejang dan diptheri yaitu penyakit radang tenggorokan, batuk dan demam yang berlebihan.

“Untuk pencegahannya maka perlu diberikan suntikan “diptheri tetanus” bagi kelas 1 dan 2, pemeriksaan gigi untuk kelas 2 SD dan pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan untuk kelas 1 SD berupa tinggi badan, berat badan, kesehatan telinga dan kesehatan gizi” lanjut ibuk Lidia.

Ketua Yayasarini Lanud Rsn Ny. Irenne Ronny I Moningka mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan di SD Angkasa adalah hal yang positif dari Puskesmas Simpang  3, dengan pemeriksaan  tersebut kita akan megetahui sejauh mana mendeteksi dan pencegahan terhadap penyakit.

Selanjutanya Ny. Irenne berharap  dengan pemberian   suntik  imunisasi kepada anak-anak didik adalah sebagai salah satu upaya preventif untuk pencegahan penyakit melalui kekebalan tubuh, hal ini harus dilaksanakan secara kontinue, menyeluruh dan  sesuai dengan standar yang ada, sehingga mampu memberikan perlindungan kesehatan dan memutus mata rantai penularan penyakit terhadap anak-anak didik.

Kepala SD Angkasa Kapten Sus Bayu berharap kerjasamanya dengan UMPD Puskesmas Simpang 3 Pekanbaru ini tetap berlanjut sehingga kesehatan anak-anak didik SD Angkasa Lanud Rsn dapat terjaga dan terpantau dengan baik sehingga SD Angkasa bisa dijadikan sekolah percontohan atas kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan dan lingkungan.

Hadir dalam kegiatan BIAS tersebut 6 orang dari Puskesmas Simpang 3 dan ibu-ibu dari pengurus Yasarini Lanud Roesmin Nurjadin.