Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Lanud Rsn Laksanakan Apel Siaga Karhutla di Provini Riau

Bagikan via:


Personel Lanud Roesmin Nurjadin bersama dengan prajurit TNI-Polri, Manggala Agni, BPBD Riau dan jajaran serta seluruh unsur terkait mengikuti Apel Siaga gerakan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2019 di Riau  yang dipimpin langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI (Purn) Doni Monardo bertempat di Halaman Kantor Gubernur Riau, Rabu (10/7).

Dalam sambutannya, Kepala BNPB menyatakan perlunya melakukan antispiasi sedini mungkin sebelum terjadinya Karhutla, yakni dengan melakukan pencegahan.
“Utamakan pencegahan, bukan penanggulangan. Kebakaran ada dua faktor yakni karena alam dan manusia. Berdasarkan hasil kajian, dari alam kecil hanya 1 persen. Sementara 99 persen manusia,” kata Kepala BNPB.

Kepala BNPB juga menyampaikan Pencegahan sangat diutamakan, mengingat potensi Karhutla terjadi diyakini 99 persen karena ulah manusia. Karena itu, pendekatan bersifat humanis terhadap masyarakat dengan melibatkan tokoh masyarakat, agama dan unsur lainnya.
Di sela-sela kegiatan tersebut sebagai Satgas Udara Danlanud Rsn Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M selalu menyiapkan personil, Helly Super Puma dan Pesawat tempur untuk mendukung program BNPB dalam rangka Riau bebas  asap tahun 2019.


Usai memimpin upacara gerakan pencegahan Karhutla, Kepala BNPB berkesempatan meninjau Berbagai peralatan pemadaman dan alat pendeteksi cuaca juga ditampilkan.

Hadir pada kesempatan ini, Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., Kajati Riau Uung Abdul Syakur, Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, , Kepala BBPBD Riau Edwar Sanger serta berbagai pihak terkait lainnya.