Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Danlanud Rsn, Hadiri Natal Oikumene Bersama Wartawan Dan Insan Pers

Bagikan via:


Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T.,M.M., hadiri peringatan perayaan Natal Oikumene  Wartawan dan Insan Pers Provinsi Riau bersama Forkopimda, di Hotel Furaya Jl.Sudirman Pekanbaru, Kamis Malam (26/12/19).

 

Suasana hikmat dan penuh suka cita tersebut kian terasa, saat dimulai dari penyalaan lilin yang dilakukan secara bersama oleh para Penasehat, Ketua Panitia Natal, Binmas Kristen Kementerian Agama Kanwil Riau, Pendeta Lamhot Silalahi, STh dan Votum acara yang dipandu oleh Bambang Wibisono, S.Mis dari Gereja Missi Injili Indonesia (GMII) Pekanbaru.

 

Usai penyalaan lilin, kemudian dilakukan persembahan lagu koor atau vokal grup dari Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Palapa Pekanbaru dan kemudian dilanjutkan oleh dengan Liturgi atau penyampaikan firman tuhan yang disampaikan oleh para Penasehat Acara Perayaaan Natal Oikumene Wartawan dan Insan Pers, Ketua Panitia dan Sekretaris Panitia dan lainnya.

 

Selanjutnya, dalam tatib acara juga dilakukan pembacaan liturgi dari masing-masing peserta yang sudah ditunjuk oleh seksi acara, nyayian koor lagu pujian yang dibawakan dari berbagai perwakilan Gereja dan STM yang ada di Pekanbaru dan sekitarnya, hingga penyampaian renungan Natal yang disampaikan Pdt Lamhot Silalahi, STh dan doa penutup acara.

 

Turut hadir Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH SIK, MSi, Danrem 031/WB yang diwakili oleh Kasi Ops Korem 031/WB Kolonel Inf. Patar Sitorus, Walikota Pekanbaru diwakili oleh Kepala Dinas Damkar Kota Pekanbaru Burhan Gurning, tokoh masyarakat Riau, dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutan Gubernur Riau yang dibacakan Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya Indra Rasyid Gubernur Riau H Syamsuar menyampaikan permohonan maafnya, karena tidak bisa dapat hadir lantaran ada kesibukan dalam acara yang tidak bisa diwakilkan ditempat lain,  selamat Natal tahun 2019 dan menyambut Tahun Baru 2020 kepada para Wartawan dan Insan Pers Provinsi Riau yang merayakan Natal saat itu.

 

“Wartawan Indonesia merupakan miniatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena itu, kerukunan antar umat beragama terutama di lingkup media di provinsi Riau, sangat penting dalam menunjang keberhasilan karya jurnalistik menuju Riau maju dan beriman, keberadaan media atau pers sata ini dituntut harus mengikuti perkembangan jaman dan berperan penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan berbangsa, selain tetap menjalankan fungsinya sebagai alat kontrol sosial dan penyedia informasi”,ucap Gubernur.

 

Gubernur Provinsi Riau Drs.H.Syamsuar mengatakan, kolaborasi media dan pemerintah juga sangat diperlukan, karena media memiliki peran strategis terutama fungsi kontrol sebagai pengawasan pelayan publik, edukasi, hingga mencari solusi untuk mengatasi persolan yang dihadapi, media juga memiliki peran strategis untuk mengisi pembangunan, karena itu media atau pers harus bergandengan tangan dengan pemerintah, untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

 

Hal ini tentunya lanjut Gubri, sesuai dengan sub thema Natal Oikomene Wartawan dan Insan Pers, “Melalui perayaan natal tahun ini, mari membangun profesional dan integiritas wartawan dan insan pers untuk mendukung pembangunan provinsi Riau dan Nasional pada umumnya”.

 

“Karena itu, melalui perayaan natal ini mari kita pupuk kebersamaan untuk saling mengingatkan dan menerima keritikan dari masyarakat. Karena pada prinsipnya pemerintah sebagai lembaga pengemban tugas pembangunan, kemasyarakatan dan pemerintahan dan juga memiliki hak untuk mengingatkan dan bersedia pula untuk diingatkan,” ujar Gubri.

 

Usai membacakan sambutan Gubernur Riau, Sekdaprov pada kesempatan tersebut diberikan waktu oleh panitia untuk memberikan sembako kepada para janda dan anak yatim Wartawan.

 

Ketua Panitia Natal Kornel Panggabean mengatakan Perayaan Natal Oikumene Wartawan dan Insan Pers pada malam hari ini, adalah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan para wartawan dan insan pers di Provinsi Riau dalam menyambut kelahiran Yesus Kristus Sang Juru Selamat. Dengan perayaan ini diharapkan para wartawan dan insan pers di Riau dapat memetik hikmah dari nilai-nilai kehidupan Nabi Isa sebagai pembawa damai ke muka bumi.

 

Adapun Perayaan Natal Oikumene malam ini mengambil tema: Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang.

 

Dengan subtema: Melalui Perayaan Natal Wartawan dan Insan Pers, Kita Tingkatkan Rasa Persaudaraan dan Toleransi dalam Membangun Riau.

 

Subtema ini,  lanjut Kornel dinilai sangat strategis, karena Riau merupakan provinsi dengan masyarakat yang sangat heterogen. Baik suku maupun agama. Karena itu memupuk rasa persaudaraan dan menjaga toleransi antar ummat beragama di  provinsi yang kaya raya ini, adalah suatu keniscayaan atau keharusan. Apalagi di kalangan keluarga besar wartawan dan insan pers. Sebab dengan cara itulah, salah satunya, situasi kehidupan bermasyarakat di Provinsi Riau akan berjalan kondusif, hangat dan menyejukkan. Dengan demikian, pada gilirannya akan membantu pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan yang memang didambakan masyarakat.

 

Selanjutnya, acara pencabutan hadiah Doorprize bagi para tamu undangan yang hadir pada malam Natal tersebut, guna memeriahkan suasana acara malam Natal Oikumene Wartawan dan Insan Pers Riau 2019, dengan diselingi lagu-lagu pujian rohani yang dibawakan oleh grup dan solo vokal yang hadir malam itu.

 

Para tamu undangan yang hadir pada malam Natal itupun, tampak berbaur dan berswafoto dengan kedua Jenderal berbintang dua dan satu itu dengan bersahaja, sehingga jarak antara masyarakat dengan sosok dua petinggi aparat di Riau itu, seakan dekat dan tanpa batas, hingga acara selesai pukul 23.30 Wib, berlangsung dengan aman dan kondusif.