Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Danskadud 16 Pimpin Operasi Patroli Udara Lintas Elang

Bagikan via:


Komandan Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Letkol PNB Bambang Apriyanto,  bersama  4 pesawat F16 pimpin  operasi patroli udara perbatasan dengan sandi “Lintas Elang”, bersama sama dengan unsur udara lainnnya yang beroperasi di wilayah Natuna, Jumat (10/1/2020).

 

“Dengan melibatkan pesawat Boeing intai TNI AU dan pesawat Intai Maritim TNI AL serta unsur laut yang terdiri dari KRI dan Kapal-Kapal dari Bakamla, hal ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan merespon kondisi di perairan Natuna,Kepulauan Riau,” ungkap Bambang.

 

Selanjutnya Letkol PNB Bambang Apriyanto mengatakan, bahwa tugas flight F16 adalah melaksanakan patroli di perbatasan wilayah udara kedaulatan NKRI dengan tujuan untuk mendapatkan supremacy udara di wilayah udara Natuna sehingga operasi2 yang dilaksanakan oleh unsur udara, laut dan unsur lainnya, alhamdulillah operasi lintas elang dapat terlaksana dengan aman.

 

“Operasi lintas elang dilaksanakan sepanjang tahun dibawah komando Koopsau 1 dan kendali Kogabwilhan 1. Daerah  patroli dapat dilaksanakan dimana saja di wilayah Koopsau I. Untuk operasi di wilayah Natuna sendiri sudah terlaksana selama 1 minggu dan akan terus berlangsung sampai dengan ada perintah pimpinan.

 

Dari keberangkatan dari Lanud RSN, operasi patroli udara dapat terlaksana dengan aman dan lancar tanpa mengalami hambatan atau gangguan dari udara.