Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Danwing 6, Perkuat Persahabatan dan Kerjasama antara TNI AU dan U.S. PACAF

Bagikan via:

Saya mengucapkan selamat datang dari delegasi U.S.PACAF ke Lanud Roesmin Nurjadin, saya berharap semoga kedatangan kesini dapat menikmati dengan senang hati dan bahagia, oleh karena itu,  bahwa IPC Cope West 2020  adalah sangat baik untuk memperkuat persahabatan dan kerjasama kedua Angkatan Udara.

 

Demikian apa yang dikatakan oleh Kamandan Wing 6 Lanud RSN Kolonel PNB Setiawan, dalam sambutannya pada acara Initial Planning Conference (IPC) Cope West 2020 antara TNI AU dengan U.S.PACAF, bertempat di Ruang Rapat Arjuna Lanud Roesmin Nurjadi, Selasa (14/1/2020).

 

Kolonel Pnb Setiawan menjelaskan, bahwa Latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dari kedua negara dalam suatu operasi bersama (Joint Operation) maupun latihan Combat operation.

 

“Seperti sebelumnya hubungan dan kerjasama antara TNI AU – U.S.PACAF telah terjalin dengan kuat, saling pengertian dan kerjasama erat, oleh sebab itu dengan penuh semangat mari kita sukseskan latihan Copewest 2020 yang akan datang,”kata Danwing.

 

“Kita semuanya berharap adanya rasa saling percaya bahwa “Cope West 2020” akan menjadi salah satu Latihan Bersama (Latma) yang paling baik yang pernah dilaksanakan oleh TNI AU-U.S.PACAF “, Lanjutnya.

 

Kolonel PNB Setiawan menjelaskan, bahwa Initial Planning Conference (IPC) Cope West 2020 dilaksanakan  sebagai koordinasi awal dalam rangka mempersiapkan latihan bersama antara negara Indonesia dan Amerika Serikat khususnya bagi kedua angkatan yaitu TNI AU dan U.S.PACAF yang akan digelar pada pertengahan bulan Juni tahun ini di Pekanbaru,”Kata Danwing.

 

“Pada kegiatan ini akan dilaksanakan dan didiskusikan hal – hal yang berhubungan dengan teknis dan dukungan penerbangan selama latihan bersama yang nantinya akan melibatkan pesawat F- 16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan pesawat F-16 Skadron 14 US PACAF yg bermarkas di Misawa.

 

Kemudian ditempat yang sama, Atase Pertahanan Amerika Serikat untuk Indonesia Mayor Mathew P.Groos dalam sambutannya mengatakan, kami sangat senang dan bangga bisa gelar  latihan bersama yang pertama kali di wilayah operasi Lanud Roesmin Nurjadin Provinsi Riau.

 

“Semoga latihan ini dapat meningkatkan dan memperkuat kerjasama dan hubungan antara TNI AU dan U.S. PACAF dalam rangka pengaman Regional,” kata Mayor Mathew. 

 

Usai sambutan dari pejabat kedua angkatan, dilanjutkan pertemuan dan diskusi internal antara kedua belah pihak Angkatan Udara, tentang kesiapan pelaksanaan Latihan Bersama “Cope West 2020.

 

Hadir, perwakilan dari Stafops Paban 3 Mabesau, Kaopslat Wing sebagai koordinator kegiatan, Kaintel, Karumkit, Kasi BMP, Kasi Yanpers dan perwira lainya, serta para personel dari Angkatan Udara U.S. Pacaf.

 

Kegiatan IPC Cope West 2020 akan berlangsung dari tanggal 14 s.d 16 Januari 2020.