Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

36 Casis Bintara Wara Lanud Rsn ikuti Tes Samapta

Bagikan via:

36 calon siswa (Casis) Bintara Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) Gelombang II melaksanakan tes Kesamaptaan Jasmani A dan B yang digelar oleh Seksi Pembinaan Jasmani dan Kemiliteran (Binjaskemil), di lapangan olahraga Andalan Lanud Rsn, Rabu (5/8/2020).

Kepala Dinas Personel Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Adm Fauzan Zuhdi mengatakan, untuk menjadi prajurit Wara terlebih dahulu harus mempersiapan diri dengan matang, tuntunan saat ini disamping memiliki kesehatan, pengetahuan umum Wara harus memiliki kesamaptaan jasmani yang bagus dan penamplan yang ideal, agar nantinya Casis Wara dalam melaksanakan tugas lebih profesional lagi.

“Saya berharap kepada panitia Samapta Binjaskemil agar lebih profesional lagi dalam melaksanakan tes samapta, saya tidak ingin melihat ada kecurangan ataupun bermain-main dengan para Casis, kalau ketahuan saya akan berikan sangsi yang tegas,”ucap Fauzan.

Kepala Seksi Pembinaan Jasmani dan Kemeliteran (Binjaskemil) Lanud Rsn Letkol Kes Ojak Sibarani menjelaskan, bahwa pelaksanaan test kesamaptaan ini diawali dengan pemeriksaan tensi oleh tim kesehatan dr.Sukirman Lanud Rsn, agar mengetahui kondisi masing-masing peserta seleksi.

“Kemudian dilanjutkan dengan stretching atau peregangan oleh seksi Binjaskemil agar pada saat pelaksanaan test tidak ada yang mengalami cidera otot. Seleksi ini meliputi kesamaptaan A yaitu lari selama 12 menit atau minimal sejauh 2400 M dan samapta B terdiri dari Push Up, Sit Up, Pull Up, Shuttle Run dan ditambah tes postur,”tutur Ojak.