Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Sukses Weapan Delivery, Elang Khatulistiwa Jelajah Langit Tanjung Pinang

Bagikan via:

Selesai melaksanakan latihan weapon delivery dan profisiensi di Lanud Roesmin Nurjadin, dibawah komando Kamandan Skadud 1 (Elang Khatulistiwa) Wing 7 Lanud Supadio Letkol PNB M.Amry Taufanny, 4 pesawat Hawk 100/200 tinggalkan bumi Lancang Kuning menuju Lanud Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang, Jumat (14/8/2020).

Komandan Skadron Udara I Wing 7 Lanud Supadio Letkol Pnb M. Amry Taufanny menjelaskan, bahwa latihan tersebut digelar untuk menyiapkan dan mengoperasikan pesawat tempur taktis, baik untuk operasi lawan udara ofensif, operasi pertahanan udara, dan operasi dukungan udara sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dalam rangka menigkatkan kemampuan operasional serta menambah pengalaman bagi penerbang tempur dalam melaksanakan terbang navigasi jarak jauh dari satu tempat ke tempat lain.

“Kegiatan hari ini dalam rangka Latihan Terbang Jelajah, sebelumnya kami Latihan Weapon Delivery, Air to Ground Bombing and Rocketing di Pekanbaru, kemudian kami Kembali ke Pontianak, adapun tujuan kami melaksanakan terbang jelah yaitu mengunjungi Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang,” tuturnya.

Sementara itu Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Andi Wijanarko mengucapkan, terima kasih kepada Skadron Udara I Wing 7 Lanud Supadio yang telah berkenan datang dan memberikan kesempatan kepada Prajurit Lanud RHF untuk mencoba kemampuan Ground Handling. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi khususnya kepada Komandan Skadron I yang telah berkenan memberikan kesempatan kepada Lanud Raja Haji Fisabilillah untuk mencoba kemampuan Ground Handling kami untuk menerima dan mengakomodir Pesawat Tempur Hawk, dan kami berharap kepada Pemerintah Daerah untuk bisa menyiapkan lahan untuk keperluan Apron, sehingga apabila terjadi situasi kontijensi di wilayah Kepulauan Riau, kita sudah siap dengan dukungan apron dan shalter untuk pesawat tempur ke depan,” ujar Danlanud RHF.

Lebih lanjut Danlanud RHF berharap dengan kehadiran pesawat tempur tersebut dapat meningkatkan rasa kecintaan dan keingintahuan masyarakat kepada dunia militer, khususnya TNI Angkatan Udara.

Setelah melaksanakan terbang jelajah di Langit Tanjung Pinang, Skadud I kembali ke Home base di Lanud Supadio Pantionak.