Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Menjelang HUT Ke-75 TNI, Lanud Rsn Kucurkan Darah Segar

Bagikan via:

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2020, Lanud Roesmin Nurjadin menggelar kegiatan donor darah, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Edi Harjoko Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (22/9/2020).

Dengan menjalankan protokol kesehatan, mulai pukul 08.00 Wib sampai 15.00, Ratusan personel yang terdiri dari, Lanud Rsn, Yonko 462 Paskhas, Pia Ardhya Garini Cab.12 D.I Lanud Rsn, Yon Harhanud, Polda Riau, BRI dan Angkasa Pura, dengan cara bergantian kucurkan darah segar, ikut berpatisipasi dalam menyambut menjelang peringatan HUT ke-75 TNI.

Dalam sambutan Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M., yang dibacakan oleh Komandan Wing 6 Lanud Rsn Kolonel Pnb Setiawan mengatakan, stok darah di PMI Pekanbaru saat ini, semakin berkurang, akibat dampak dari pandemi Covid-19, sehingga warga merasa enggan dan takut untuk mendonorkan darahnya, padahal kondisi saat ini kebutuhan darah saat ini sangatlah penting.

“Menyumbangkan darah adalah bentuk kepedulian kita kepada sesama,mari kita gerakkan langkah untuk mendonor darah secara rutin guna membantu pasien-pasien yang butuh tambahan darah setiap saat di Rumah Sakit,”setetes darah yang anda sumbangkan sangat berarti bagi sesama yang membutuhkan,” ungkap Ronny.

Ronny mengatakan, apresiasi dan terimakasih kepada pendonor yang telah mendonorkan darahnya,pada peringatan HUT ke-75 TNI. Tepatlah kiranya tema Hut TNI kali ini, “Sinergi Untuk Negeri” marinkita dengan ikhlas menyumbangkan darah untuk kepentingan manusia.

“Bagi prajurit TNI, mendonorkan darah belumlah sebanding dengan pengorbanan jiwa raga oleh para pejuang bangsa ini, paling tidak kita dapat bekontribusi dengan mendonorkan darah dalam membantu sesama disaat kesulitan yang dihadapi,”ujar Ronny Moningka.

Selanjutnya, ditempat yang sama Kepala Rumkit dr.Sukirman Lanud Rsn, Mayor Kes dr. Agus Sukamto, menjelaskan, bahwa sebanyak 144 orang pendonor yang ikut berpatisipasi, dapat terkumpul 96 kantong darah segar, ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa dan darah ini akan diserahkan kepada pihak PMI kota Pekanbaru untuk didistribusikan.

“Perlu diketahui donor darah tidak perlu ditakuti dan dicemaskan, donor darah bukan saja bermanfaat bagi yang butuh, tetapi bermanfaat bagi kesehatan pendonor seperti, mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, dan menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah,fikiran lebih stabil, menurunkan kolesterol dan lain-lain sebagainya,”papar dr.Agung.

Nampak hadir, Kadisops Kolonel Pnb Dedy Supriyanto,S.M., Kadispers Letkol Adm Fauzan Zuhdi, Kadislog Kolonel Tek Dwi Wihananto,S.E dan Dansatpom Lanud Rsn Letkok Pom I Nyoman Swardita serta pejabat lainya.