Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Dukung Latihan Operasi Amfibi, Lanud Rsn Kerahkan F-16

Bagikan via:

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro kerahkan 2 unit pesawat tempur F-16 dari Skadud 16 dengan callsign Rydder, melaksanakan latihan gabungan dengan TNI AL guna mendukung Latihan Operasi Amfibi (Lat.Opsfib), tempat di Selat Gelasa, kepulauan Bangka Belitung, Senin (12/4/21).

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, Rydder flight terdiri dari 2 pesawat, yang diawaki oleh Komandan Skadron Udara 16 Letkol Pnb Andri Setyawan, S.T., MMOAS. dan Lettu Pnb Hendra Zaimuddin, berangkat dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, kedua pesawat melaksanakan Air Joining Procedures dengan KRI 357 Bung Tomo, dengan callsign Hiu-4 dan juga Dansatgasud dengan callsign Robin. AJP yang dilaksanakan dengan komunikasi di frequency UHF dan VHF yang telah ditentukan, dan juga melaksanakan manuver “Echo” untuk konfirmasi pasukan kawan.

“Setelah itu, Rydder bertindak sebagai bulsi sasaran bagi konvoi kapal TNI AL yang dikendalikan oleh KRI Bung Tomo-357”, kata Andi Kustoro.

Lebih lanjut Andi Kustoro menjelaskan, kegiatan latihan gabungan ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi TNI AU dan TNI AL. Penerbang pesawat F-16 dapat berlatih untuk melaksanakan manuver Operasi Udara Lawan Laut. Sedangkan awak kapal TNI AL dapat melaksanakan taktik pertahanan terhadap serangan udara.

“Karena besarnya manfaat yang didapatkan dalam latihan ini, diharapkan kedepannya akan sering diadakan latihan antar matra yang melibatkan TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang bertujuan untuk meningkatkan interoperability dalam rangka memperkuat pertahanan NKRI, sehingga bisa melindungi setiap ancaman dan gangguan terhadap NKRI yang kita cintai”, tambahnya.

Marsma TNI Andi Kustoro menjelaskan, bahwa latihan ini digelar adalah untuk melatih prajurit TNI untuk lebih profesional lagi dalam mengoperasikan alutsista TNI.