Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Lanud Rsn Dan FASI Sukses Gelar Sertifikasi Basic Remote Pilot

Bagikan via:

Lanud Roesmin Nurjadin dan
Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) sukses menggelar kegiatan Sertifikasi Basic Remote Pilot ( BRP) Course FASI Bath-43 Tahun 2021 tempat di Ruang Rapat Arjuna Lanud Roesmin Nurjadin- Pekanbaru, (20-21/11/2021).

Para peserta sertifikasi BRP ini berasal dari jajaran Lanud Rsn, Korem 031/ WB, Polda Riau, Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kota Pekanbaru, PLN, PTPN V, PT RAPP, PT Sinar Mas serta Komunitas Drone di Prov Riau.

Komandan Lanud Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., yang diwakili oleh Kadisops Lanud Rsn Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar pada acara pembukaan sertifikasi BRP mengatakan, penggunaan drone di masa depan akan semakin banyak. Oleh karena itu, regulasi drone harus disosialisasikan demi keselamatan dan keamanan bagi semua pihak.

“Lanud Roesmin Nurjadin sebagai pemegang otoritas pengawasan ruang udara, sekaligus juga pembina FASI Riau, yang menjadi wadah pembinaan komunitas pencinta olahraga dirgantara, memang perlu mensosialisasikan regulasi penggunaan ruang udara kepada masyarakat, agar ruang udara Riau terbebas dari pelanggaraan penggunaan drone yang berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan dan keamanan ruang udara.

Dan pada acara penutupan Sertifikasi BRP, Komandan Lanud Rsn yang diwakili Kadispotdirga Lanud Rsn mengatakan “Sesuai perintah pimpinan , Dispotdirga Lanud Rsn sebagai panitia penyelanggara sungguh berbangga dan bersyukur atas terselenggaranga kegiatan 2 hari ini. Dengan diberikannya ilmu dan pengetahuan kepada peserta sertifikasi BRP, tentunya dapat dijadikan
suatu bekal ataupun menambah lisensi keterampilan dalam hal bekerja, selama dua hari ini tentunya dapat lebih mengerti memahami terkait dengan stardrisasi sebagai remote pilot drone”, katanya.

Kadispotdirga Lanud Rsn Kolonel Tek P. Siboro mengatakan, Jadi, dengan adanya pelatihan ini kita lebih sadar lagi dalam penggunaan drone ternyata tidak sembarangan tentunya dibatasi kewajiban standarisasi yang harus diikuti. Selamat saya bangga kalian adalah insan-insan dirgantara seperti saat ini kami sebagai penyelenggara mengamati kalian adalah agen-agen dirgantara yang bisa digunakan suatu saat sebagai komponen cadangan.

Ditempat yang sama secara virtual Paban II/Puanpotdirga Spotdirgaau Kolonel Pnb Agung Sasongkojati mengatakan, kalian sudah menjadi penerbang, sudah menjadi bagian dari dunia penerbangan, suka tidak suka kalian sudah menjadi bagian dari komunitas penerbangan, dimana kita pelajari bahwa penerbangan adalah tidak jauh berbeda dengan bidang kehidupan yang lain dimana manusia menggunakan alat dan manusia menggunakan sarana prasarana yang bisa membuat pesawat berangkat dan menghasilkan karya- karya dan menghasilkan system kerja yang berbeda dengan ketika menggunakan media lainnya.

“Sertifikasi drone adalah salah satu upaya untuk mendorong penggunaan drone yang bertanggung jawab. Drone saat ini sudah bukan lagi barang aneh dan langka. Maraknya penggunaan drone di Indonesia tentu saja berpotensi menimbulkan ancaman kerusakan, baik bagi orang lain maupun bagi pilot sendiri”,jelasnya.

Kemudian Agung menambahkan, semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi keluarga,baik bagi perusahaan atau bagi instansi dan organisasi yang lainnya, percayalah ini adalah langkah awal kedepan untuk menjadi sesuatu dimasa depan bahwa pesawat tanpa awak adalah suatu kejadian dimasa kini dan masa depan ini yang harus disiapkan dengan personil yang memahami aturan tentang penggunaan drone, sehingga
tidak membahayakan keselamatan diri sendiri keselamatan orang lain dan tentu juga tidak membahayakan keselamatan bahaya bangsa dan negara.

Kegiatan pemberian materi teori di ruang Arjuna Lanud Rsn dan ujian praktek di Apron Baseops Lanud Rsn dilaksanakan dengan aman dan lancar.