Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Helikopter Superpuma milik TNI AU Bantu KSDA Pelepasan Harimau Sumatera

Bagikan via:

Helicopter Superpuma H-3216 milik TNI Angkatan Udara dari Skadud 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sanjaya (Ats) yang bertugas standby SAR di Lanud Roesmin turut membantu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumatera Barat pelepasliaran Harimau Sumatera dari PT TKA Tidar Kerinci Agung ke kawasan hutan Konsevasi SM. Bukit Rimbang Bukit Baling Kabupaten Kampar-Provinsi Riau, Minggu (16/10/22).

 

Kepala Balai KSDA Riau Sumatera Barat Ardi Andono, S.TP., M. Sc., mengatakan, ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak TNI AU, khususnya Crew Helicopter Superpuma milik TNI AU yang telah ikut andil membantu KSDA dalam rangka pelepasliaran seekor harimau Sumatera, jenis betina umur 3 tahun.

 

Ardi Andono mengatakan, kami akan terus berkoordinasi dengan pihak TNI AU, dalam memberikan perlindungan kepada hewan Satwa, sehingga hewan tersebut dapat diberikan tempat yang nyaman baginya untuk hidup dan berkembang.

 

“Helicopter Superpuma milik TNI AU, telah membantu dalam menyelamatkan seekor hewan satwa yang dilindungi, karena hewan tersebut sudah langka didapat, dan kami akan pantau terus kesehatan dari harimau itu sendiri”,ujarnya.

 

Kemudian Pilot Helicopter Superpuma Kapten Pnb Eddo Marisadi Angkasa mengatakan, ini adalah tugas kami sebagai insan TNI AU dalama memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah termasuk dalam menyelamatkan Satwa Liar seperti Harimau.

 

“Alhamdulillah dalam penerbangan tidak ada kendala, semua proses pelepasan harimau Sumatera berjalan sesuai dengan rencana”,jelasnya.

 

Turut hadir,Analisa Kawasan Konservasi Balai KSDA Sumbar Erlinda C.Kartika, S.Hut., MSc., Manajer Operasional PR-HSD drh. Patrick Flaggellata, dan bersama tim lainya.