Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Initial Planning Conference Latma Cope West 2023 di Lanud Rsn

Bagikan via:

Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru akan kembali menjadi tempat latihan bersama antara TNI AU dengan US PACAF pada tahun 2023. Dalam latihan ini kedua Angkatan Udara Indonesia dan Amerika Serikat akan menggelar latihan dengan sandi “Cope west 2023” yang diawali dengan kegiatan Initial Planning Conference (IPC). IPC mengambil tempat di Gedung Balai Prajurit Edy Haryoko, selasa 24/1/23

Terhitung mulai tanggal 24 s.d 26 Januari 2023 dan dilanjutkan survei ke beberapa lokasi yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan latihan bersama Cope West 2023. Pada agenda berikutnya bulan maret 2023 akan diadakan rapat final planning conference (FPC). Sedangkan Latihannya sendiri akan dilaksanakan pada bulan juni 2023. Latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dari kedua negara dalam suatu operasi bersama (Joint Operation) maupun latihan Combat Operation.

Delegasi dari TNI AU dipimpin oleh Kolonel Pnb Asri Efendi Rangkuti (Kadisops Lanud Rsn) dengan anggota delegasi yaitu, Letkol Sus Adhianto Priyo K, Pabandya Lugri Paban IV/Hublu Sintelau, Letkol Pnb M.Amry Taufanny, Pabandya Kersamil Paban III/Lat Sopsau, Letkol Pas Junaidi Danyonko 462 Kopasgat, Letkol Lek Fery Duwantoro, Kasi Baseops Lanud Rsn, Mayor Pas Jacky Wohel Danden 902/Aksus Satbravo 90 Kopasgat, Mayor Pas Kurniawan Adi Subakti, Kasiops Satbravo 90 Kopasgat, Mayor Pnb Yusuf Atmaraga, Kasiops Skadud 16 Wing 6, Kapt. Pnb Windi Darmawan, Ps Danflight Skadud 3 wing 3 Lanud Iwy, Kapt. Asido Azra, Danflightlat Skadud 16 wing 6 Lanud Rsn, Kapt.Tek Agus Choirul, Kaflightline Flighthar Skadud 16 wing 6 Lanud Rsn, dan unsur pendukung lainnya.

Sedangkan delegasi dari US PACAF yang dipimpin oleh Mr. Kirk Hummel dan Atase Udara Amerika Serikat di Jakarta Kolonel Michel Brown beserta Planner lainnya dari Amerika serikat dengan total jumlah delegasi sebanyak 18 orang.

Kegiatan IPC kali ini dilaksanakan untuk membahas kesiapan tempat, scenario, dukungan adminstrasi dan logistik yang akan digunakan untuk kelancaran pelaksanaan Latma Cope West yang akan dilaksanakan di bulan Juni mendatang.

Latihan Bersama Cope West 2023 pada bulan Juni akan melibatkan unsur tempur udara dari kedua negara menggunakan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. Dari TNI AU rencana yang akan dilibatkan adalah Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi.

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan Latma Cope West ini dapat meningkatkan profesionalitas dari personel TNI AU dan menjaga hubungan bilateral yang baik diantara kedua negara.