Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Bintalid Lanud Rsn Ikuti Mitigasi Paham Radikal secara Virtual

Bagikan via:

Pembinaan Mental dan Ideologi (Bintalid) Lanud Roesmin Nurjadin mengikuti kegiatan Mitigasi paham radikal bagi personel bintal dan pengurus rumah ibadah di jajaran TNI AU TA. 2023 secara virtual, bertempat di ruang rapat Tuanku Tambusai, Rabu (1/3/23).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pembinaan Mental dan Ideologi Angkatan Udara (Kadisbintalidau) Marsma TNI Joko Trikartono yang diwakili Sesdis Bintalidau Kolonel Sus Dr. H. Kemalsyah M.Ag.

Kadisbintalidau pada sambutannya mengatakan saya menyambut baik kegiatan mitigasi paham radikal yang dilaksanakan pada hari ini, serta berharap supaya seluruh rencana dalam kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan bisa dikuti dengan seksama oleh seluruh peserta walaupun di laksanakan secara daring.

“Isu yang berkembang dalam masyarakat saat ini diantaranya adalah munculnya masalah di bidang ideologi, ditandai dengan menurunnya pemahaman tentang pokok-pokok pikiran pancasila sebagai ideologi bangsa, lunturnya rasa nasionalisme serta masih merebaknya paham radikal yang berusaha memaksakan untuk mengganti ideologi negara dengan ideologi lain. Hal ini tentu menjadi perhatian serius dari seluruh komponen bangsa, termasuk para personel bintal dan pengurus rumah ibadah di lingkungan TNI AU, karena salah satu media penyebaran paham radikal yang digunakan salah satunya melalui rumah ibadah”, lanjutnya.

Kadisbintalidau juga menjelaskan perlu dipahami bersama bahwa kegiatan mitigasi paham radikal ini bertujuan untuk membekali para perwira bintal dan pengurus rumah ibadah di jajaran TNI AU agar mengetahui dan memahami perkembangan paham radikal di Indonesia sehingga dapat melakukan pencegahan secara dini penyebaran paham radikal sesuai kapasitasnya masing-masing”,imbuhnya.

“Di akhir sambutanya Kadisbintalidau menetegaskan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, serap setiap materi yang disampaikan oleh para nara sumber dalam rangka memperluas wawasan, pengetahuan, dan pemahaman utamanya yang berkaitan dengan ideologi pancasila dan berkembangnya paham radikal yang terjadi di tengah masyarakat kita”, pungkas Kadisbintaliau.

Usai dibuka, kegiatan Mitigasi paham radikal bagi personel bintal dan pengurus rumah ibadah di jajaran TNI AU dilanjutkan pembekalan Mitigasi Paham Radikal oleh Kolonel Sus Suseno Paban II Sie Intel dan Kolonel pas Joko T. Cahyono Kasubdis Bintalidau serta diakhiri tanya jawab.

Hadir pada kegiatan tersebut Kabintalid Lanud Rsn, letkol Sus Zemonnedi, S.Ag. M.M, staf Bintal dan pengurus rumah ibadah di Jajaran Lanud Roesmin Nurjadin.