Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Lanud Rsn Peringati Nuzulul Qur’an 1444 H/2023 M

Bagikan via:

Segenap Prajurit dan PNS Muslim di lingkungan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin memperingati Peristiwa turunnya Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW atau Nuzulul Qur’an 1444 H / 2023 M, yang digelar di Masjid Amrullah Lanud Rsn Rabu (12/4/23).

Nuzulul Qur’an, sendiri merupakan peristiwa besar dan penting bagi umat Islam karena merupakan momen dimana Alqur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Mengusung tema “Memaknai Ibadah Puasa Ramadan dan Nuzulul Qur’an untuk Meningkatkan Disiplin Diri dan Etos Kerja Prajurit TNI AU”. Kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an ini diawali dengan Sholat Dhuha, pembukaan oleh mc, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan Danlanud Rosmin Nurjadin yang dibacakan oleh Kadisops Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Asri Efendi Rangkuti kemudian dilanjutkan ceramah oleh. Dr. H. Saidul Amin, MA.

Dalam sambutan Danlanud yang dibacakan Kadisops disampaikan bahwa sebagai seorang muslim sejati, seyogyanya meyakini dan mengamalkan sepenuhnya bahwa Al-qur’an sebagai pedoman dalam hidup dan kehidupan, dengan Al-quran seseorang dapat keluar dari gelapnya kebodohan menuju cahaya kebenaran yaitu dinul islam.

“Al-quran juga memiliki konsep hidup dalam segala bidang, semua problem manusia sudah dijawab didalamnya. Harus diakui bahwa Al-quran tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, akan tetapi juga mengatur hubungan antar sesama manusia bahkan dengan alam lingkungannya” tambah Kadisops.

Memahami dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Al-qur’an secara benar, sehingga diharapkan prajurit TNI AU beserta keluarganya akan terhindar dari prilaku tercela serta perbuatan-perbuatan negatif lainnya dan juga akan memiliki moralitas dan motivasi yang tinggi dalam setiap pengabdian kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara.

Al-quran adalah bacaan yang cocok untuk siapapun dan dalam kondisi apapun. Al-quran cocok dibaca orang tua, dan cocok juga dibaca oleh anak-anak. Adakalanya Al-quran bisa menjadi rem dalam suasana hati kita, ketika kita senang lalu membaca Alquran kita tidak akan berlebihan dalam kesenangan dan juga sebaliknya, bahkan seseorang yang tidak paham dengan bahasa arab pun bisa merasakan keindahan ketika membaca Al-quran, tidak ada buku yang seperti ini, inilah keajaiban Alquan yang disampaikan Uztadz dalam ceramahnya.

“Profesor Dr. Syekh. Abdul Halim Mahmud mengatakan Al-quran bisa dijadikan alat untuk mengukur keimanan seseorang. Bila kita mau tahu,kita ini masih beriman atau tidak, cukup membaca Al-quran” tutur Ustadz Saidul Amin.

Hal ini dikarenakan orang yang betul-betul beriman ketika Quran dibacakan paling tidak dia akan tertunduk dan pasrah ketika membacakan Al-quran. Kemudian, orang yang benar beriman ketika membaca Al-quran akan menambah keimannya, karna Al-quran ialah Kalamullah yang sangat istimewa dan sempurna diciptakan oleh Allah SWT.

Diakhir tausiahnya Ustadz Dr. H. Saidul Amin, M.A.menutup acara Nuzulul Qur’an dengan do’a.