Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Parohani Lanud Rsn : Yasinan Meningkatkan Iman Dan Taqwa Serta ridho Allah

Bagikan via:

Sebagai bentuk pembinaan mental rohani Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin mengadakan Yasinan yang rutin dilaksanakan setiap minggunya. Yasinan yang dihadiri Pejabat lanud Rsn ini diikuti oleh Perwira Skadron Udara 12, Perwira Skadron Udara 16, Personel Dispotdirga, Sathanlan, dan Rumah Sakit dr. Sukirman yang muslim, mendapat giliran jadwal yasinan di Masjid Amrullah Lanud Roesmin, Kamis (4/5/2023).

Pembacaan Surat Yasin dilaksanakan dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa (Imtaq) serta mengharapkan ridho dan keselamatan dari ALLAH SWT dalam menjalankan tugas.

Serta terkandung harapan terbentuk sikap mental personil yang baik sehingga akan menciptakan hasil pelaksanaan tugas yang baik dan bijaksana yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pelaksanaan pembacaan Yasin yang dikoordinir oleh Parohani golongan VII Bintalid Lanud Rsn, Lettu Sus Indra Fitri pada kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya bersyukur.

Menurut Parohani Lanud Rsn, sebagaimana telah dijabarkan oleh Ibnu Qayyim: syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah SWT. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.

Ditambahkan oleh Lettu Sus Indra Fitri, kita sebagai manusia ciptaan Allah SWT harus selalu senantiasa mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT baik itu berupa nikmat yang kecil maupun nikmat yang besar.

” Tanpa kita sadari setiap hari, setiap saat kita selalu menerima nikmat dari Allah SWT seperti nikmat berupa nikmat Islam, nikmat kesehatan, dan nikmat kita telah diberikan anggota tubuh yang lengkap dan sempurna seperti yang dijelaskan dalam Al Qur’an surah An Nahl ayat 78 yang artinya : Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur” jelas Parohani.

Dijelaskan oleh Parohani adapun cara agar kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT adalah seperti yang dijelaskan dalam suatu hadits yaitu dengan memandang orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuat kita tidak meremehkan nikmat Allah.

Selesai kegiatan Yasinan dan do’a ditutup dengan melaksanakan shalat Isya berjamaah.