Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin Laksanakan Upacara Bendera 17 an

Bagikan via:

Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru melaksanakan upacara bendera 17an, bertempat di Apron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Rabu (17/5/2023).

Upacara bendera bulanan merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 17 dengan tujuan untuk meningkatkan semangat juang dan cinta tanah air serta sebagai media komunikasi unsur pimpinan kepada satuan di bawahnya dengan menyampaikan kebijakan dan perintah serta informasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Dalam upacara kali ini bertindak selaku Inspektur Upacara, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Mohammad Nurdin membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A.

Mengawali sambutannya Kasau menyampaikan rasa bangga dan penghargaan kepada segenap prajurit TNI Angkatan Udara, dalam menjawab berbagai panggilan tugas negara, hal ini dapat dilihat dari kehadiran TNI AU dalam proses evakuasi WNI dari Sudan, pengamanan perhelatan akbar Keketuaan Indonesia dalam KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, serta suksesnya peringatan puncak Hari TNI Angkatan Udara ke-77 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Selanjutnya Kasau menegaskan kembali akan jati diri sebagai Prajurit TNI yaitu sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional, dan juga Tentara Profesional. Hal ini membawa konsekuensi TNI Angkatan Udara harus terus mengasah kemampuan dirinya untuk menjadi semakin profesional dan semakin tangguh, namun juga tetap humanis saat berinteraksi dengan masyarakat, dengan demikian setiap prajurit TNI AU tidak boleh arogan, apalagi sampai menyakiti rakyat.

“Untuk itu, secara khusus bagi para Ka Satker dan Komandan Satuan, saya minta untuk positive control dan hands on, dan harus dapat menjadi teladan bagi bawahannya. Perkuat terus sinergisitas TNI-POLRI bersama elemen bangsa lainnya, guna mewujudkan berbagai agenda pembangunan nasional yang berkesinambungan” Tegas Kasau.

Seusai membacakan amanat Kasau, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin mengambil kesempatan untuk memperkenalkan diri selaku pejabat Komandan Lanud Roesmin Nurjadin yang baru. Pada kesempatan tersebut Danlanud berharap kerjasama dan dukungan dalam melaksanakan tugas sehingga apa yang telah diraih oleh pendahulu dalam memajukan Lanud Roesmin Nurjadin hingga menjadi Lanud Andalan bisa terus terpelihara dan ditingkatkan.

“Ada setidaknya lima hal yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan ini, dalam menjaga Lanud kebanggan kita bersama yakni pertama meningkatkan iman dan taqwa, karena inilah fitrah kita sebagai insan beragama, kedua mari sama-sama meningkatnkan profesionalisme sesuai bidang tugas masing-masing, yang ketiga bekerja jujur, keempat jeli dan peduli kepada semuanya tidak terbatas pada perwira saja, dan yang terakhir jangan lupa bersyukur” demikian disampaikan Danlanud Roesmin Nurjadin sekaligus sebagai penekanan kepada personel Lanud Roesmin Nurjadin.

Pada upacara bendera bulan ini bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Tek Rudi D.W., Pembaca Pembukaan UUD 1945 Serda Jamil, Pengucap Sapta Marga Serda Fiktor, dan Pengucap Panca Prasetya Korpri PNS Dariamat, dimana semuanya adalah anggota Skatek 045 Lanud Roesmin Nurjadin.