Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Mengikuti Pembukaan Latihan Jalak Sakti Dan Trisula Perkasa Secara Virtua

Bagikan via:

Bertempat di Ruang Operasi Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad Nurdin mengikuti upacara pembukaan Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Kopasgat TA. 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Makoopsud I. (Selasa, 23/5/2023).

Latihan tahun ini mengangkat tema, “Koops Udara I dan Kopasgat yang Tergabung dalam Kogasudgab Melaksanakan Operasi Udara di Wilayah Koops Udara I dalam rangka Mendukung Tugas Pokok Kogab TNI”.

Latihan akan dilaksanakan melalui dua tahap yaitu gladi posko dan gladi lapangan. Untuk gladi posko dilaksanakan mulai 23 – 25 Mei 2023, dengan diakhiri Tactical Air Manuvering Game (TAMG) di Makoopsud I. Sedangkan untuk Gladi Lapangan akan dilaksanakan tanggal 28 – 29 Mei 2023 di Air Weapon Range (AWR) Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoedin (ASH) Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Dalam gladi lapangan nanti, Lanud Roesmin Nurjadin akan ikut ambil bagian dengan mengirimkan Flight dari Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16 Wing Udara 6.

Dalam sambutannya Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., menjelaskan bahwa latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I dan Kopasgat, dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara, guna menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi di wilayah tugasnya serta mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih interoperability antar satuan.

Lebih lanjut Pangkoopsud I menegaskan bahwa, latihan ini merupakan ajang terbentuknya kepercayaan diri masing-masing, untuk memberi gambaran dalam penangkalan dan penindakan terhadap segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi di wilayah Koopsud I dan mengasah naluri tempur para prajurit komando di jajaran Kopasgat.

“Laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh sesuai fungsi serta tugasnya. Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan terbang dan kerja selama pelaksanaan latihan, karena salah satu faktor utama yang menandakan latihan berhasil adalah, terciptanya safety baik personel maupun meteriil dari semua item dan lini dalam pelaksanaan latihan tersebut,” tegas Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., diakhir sambutannya.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Dankorpasgat, Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, Irkoopsud I, Para Komandan Lanud, Para Pejabat Utama Makoopsud I, Para Komandan Wing Udara dan Skadron Udara Jajaran Koopsud I serta Komandan Wing dan Batalyon Kopasgat, Wasdal, Penilai, dan Para Pendukung Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I dan Trisula Perkasa Kopasgat Tahun 2023.