Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Pesawat Cassa TNI AU Tiba di Lanud Roesmin Nurjadin Untuk Operasi TMC

Bagikan via:

Pesawat Cassa 212 A-2107 TNI AU dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang tiba di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Senin (11/9/2023).

Pesawat yang diterbangkan oleh Mayor Pnb Deharday tersebut merupakan langkah mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Riau.

Kedatangan pesawat Cassa TNI AU tersebut akan melaksanakan misi TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) tahap ke lima dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Direncanakan misi TMC tahap ke lima akan berlangsung selama 12 hari kedepan, dari tanggal 12 September hingga 23 September mendatang. Selama pelaksanaan misi TMC pesawat akan standby di Lanud Roesmin Nurjadin sebagai posko Satgas Bagian Udara operasi pencegahan dan penanganan Karhutla Provinsi Riau.

“Meskipun di kota Pekanbaru beberapa hari belakangan ini diguyur hujan, namun Satgas Bagian Udara akan menggelar Operasi TMC diwilayah Provinsi Riau dengan harapan memperpanjang musim hujan untuk pembasahan lahan gambut di wilayah Provinsi Riau untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan”,Ujar Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad Nurdin yang juga menjabat sebagai Wadansatgas IV pada Satgas Pengendalian Karhutla Provinsi Riau.

Lebih lanjut Danlanud Rsn mengunkapkan, hari ini pesawat Cassa 212, A-2107 datang dari Malang untuk melaksanakan Operasi TMC di wilayah Riau selama kurang lebih 12 hari kedepan. Kita sudah siapkan untuk dukungan operasi TMC ini baik dari dukungan operasi penerbangan maupun dukungan lainnya.

Selama pelaksanaan operasi TMC, TNI AU dalam hal ini Satgas Bagian Udara akan bekerjasama dengan BNPB, BMKG dan BRIN.