Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Pengiriman 283 Gram Sabu Berhasil Digagalkan Personel Lanud Roesmin Nurjadin BKO Bandara SSK II

Bagikan via:

Meningkatnya aktifitas di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru yang ditandai dengan meningkatnya jumlah pengguna transportasi udara serta penerbangan melalui Bandara SSK II di saat Natal 2023 dan menjelang Tahun Baru 2024 tidak membuat kewaspadaan dan kejelian personel Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin yang menjadi BKO keamanan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menjadi lengah.

Dari kejelian dan kewaspadaan Personel Gabungan BKO Lanud Roesmin Nurjadin bersama dengan Avsec Bandara SSK II kembali berhasil mengungkap upaya penyelundupan Narkotika dan obat-obat terlarang (Narkoba) yang coba diselundupkan melalui pengiriman Kargo, Senin (25/12/2023).

Pengungkapan Narkoba dipenghujung tahun 2023 ini, masih menggunakan cara yang sama dengan pengungkapan sebelumnya. Prajurit Lanud Roesmin Nurjadin yang bertugas BKO di terminal Kargo mencurigai sebuah paket saat melewati pemindaian mesin X Ray.

Setelah dilakukan scan ulang, petugas gabungan menemukan Narkoba yang di pecah menjadi 10 paket. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Bea Cukai, dari hasil Narcotest postif paket tersebut adalah sabu dengan berat total 283 gram.

“Tadi kami mendampingi petugas Avsec yang melaksanakan pemindaian barang-barang kargo yang datang dan akan dimuat di pesawat, kami curiga pada salah satu paket kargo tersebut dan diulang lagi masuk X Ray, lalu sesuai prosedur kita bongkar dan ternyata isinya kami curigai Narkoba, dan ternyata setelah di test petugas Bea Cukai benda tersebut positif Sabu“ jelas Praka Apri yang pagi itu bertugas di bagian kargo.

Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Pnb Ig. Widi Nugroho, S.T., MMDS., yang menerima informasi ini selanjutnya menuju ke Bandara SSK II untuk turun langsung melihat penanganan penemuan sabu tersebut dan menyaksikan serah terima barang bukti tersebut dari pihak Airport Security kepada Satnarkoba Polresta Pekanbaru.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Feri Yunaldi, S.E., M.Han., mengapresiasi tindakan personel Lanud Roesmin Nurjadin yang menjadi BKO keamanan di Bandara SSK II.

“Apresiasi kepada personel yang bertugas BKO di Bandara, peningkatan aktifitas di bandara selama libur Nataru tidak mengurangi kewaspadaan Personel BKO Pengamanan Bandara SSK II dan terus tingkatkan pengawasan serta lakukan segala sesuatunya sesuai prosedur. Selalu ada oknum yang mencoba mengambil kesempatan, oleh karenanya petugas jangan lengah”,tegas Danlanud.