Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Lanud Roesmin Nurjadin, Pangkalan Penyiap Dan Pendukung Latihan BFI TNI AU-RSAF

Bagikan via:

TNI Angkatan Udara menggelar latihan bersama dengan Republic of Singapore Air Force (RSAF) selama satu minggu pada 17-23 April 2024. Dalam latihan bersandi _Bilateral Fighter Interaction (BFI)_ ini Mabesau menugaskan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin sebagai penyiap dan pendukung latihan bersama ini.

Manuver udara atau atau _Air Maneuver Exercise Bilateral Fighter Interaction (AMX BFI)_ ke-12 tahun 2024 antara TNI Angkatan Udara dengan RSAF mengambil area latihan di _Joint Training Area_ Lanud Roesmin Nurjadin.

Sebagai pelaku AMX BFI 12/24 adalah penerbang Skadron Udara 3, Skadron Udara 14 Wing Udara 3 Lanud Iswajudi dan penerbang Skadron Udara 16 Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin.

Dalam AMX BFI 12/24 dilaksanakan beberapa program latihan diantaranya latihan _Air to Air Refuelling_ dimana pesawat F -16 TNI AU akan melaksanakan pengisian bahan bakar di udara dengan pesawat A-330 _Multi Role Tangker Transport_ RSAF, kemudian latihan _Mission Tactical Intercept_ dan _Basic Fighter Maneuver._

Komandan Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar yang ditunjuk sebagai Direktur Latihan dalam latihan ini mengatakan, latihan ini digelar untuk mengasah kemampuan para penerbang tempur F -16 TNI AU dalam melaksanakan Air to Air Refuelling dan kemampuan taktikal lainnya.

“Latihan ini sebagai wadah bagi penerbang TNI AU khususnya penerbang F -16 untuk mengasah dan meningkatkan profesionalismenya salah satunya dalam melaksanakan latihan Air to Air Refuelling serta latihan taktikal lainnya” jelas Danwing Udara 6.

Ditambahkan Danwing Udara 6, pelaksanaan _Air to Air Refuelling_ diperlukan saling percaya yang tinggi baik dari pesawat tanker maupun pesawat yang diisi, disinilah bukti kerjasama TNI AU dan RSAF sangatlah baik, sehingga misi ini bisa terlaksana.