Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

SATGAS JATUHKAN 12 JUTA LITER BOM AIR

Bagikan via:



Satuan tugas udara di bawah kendali Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb Andyawan, MP.S.IP telah menjatuhkan sekitar 12 juta liter bom air dalam operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, Senin (31/3).


Operasi ini telah berlangsung sejak 28 Februari sampai dengan 30 Maret, “satgas udara merupakan tumpuan terbesar dalam upaya memadamkan titik api dan asap yang terjadi, di samping bom air satgas udara juga melakukan teknologi modifikasi cuaca yang bekerjasama dengan BPPT.   Hingga kini total 107 ton garam yang di semai dan sudah berhasil menurunkan hujan di seluruh wilayah Riau.


Danlanud merincikan operasi bom air ini menerjukan tujuh pesawat helikopter, helikopter jenis Sikorsky dan Comov yang bisa menjatuhkan 4.000 liter air, hingga kini sudah menjatuhkan air sebanyak 11.424.000 liter air.   Sementara untuk helikopter Bolco milik PNPB  20.000 liter air.   Sedangkan 4 helikopter bantuan dari PT. Sinas Mas dan RAPP telah menjatuhkan 220.500 liter air.


Danlanud Roesmin Nurjadin menambahkan, selain untuk melaksanakan bom air, sejumlah helikopter juga dilibatkan dalam pemantauan titik api.   Sebelumnya kami juga menurunkan pesawat tempur Hawk 100/200 membantu pemantauan titik api dari udara, mengingat daya jangkau pesawat tempur Hawk lebih efektif melaksankan pemantauan udara pada saat kondisi asap yang pekat.