Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

TNI AU-USAF GELAR LATIHAN BERSAMA DI LANUD ROESMIN NURJADIN

Bagikan via:


    Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dan United State Air Force (USAF) akan menggelar latihan bersama di Lanud Roesmin Nurjadin. Latihan yang bertajuk Air Mission Exercise (AMX) Teak Iron 2014 tersebut akan dibuka secara resmi oleh Direktur Latihan kedua negara di Main Apron Lanud Rsn, besok Selasa (13/5).


    AMX Teak Iron 2014 merupakan latihan bersama dalam melaksanakan misi penerbangan, khususnya dalam bidang pergeseran pasukan dan pergeseran logistik. Dalam pelaksanaannya, kedua angkatan udara melatih para personel yang terlibat latihan dalam “dropping pasukan dan droping logistic” dalam kondisi perang, bencana alam maupun kondisi tertentu yang mengharuskan diterjunkannya sejumlah pasukan dan logistik melalui media udara. Selain bertujuan meningkatkan kemampuan, pengetahuan maupun saling bertukar informasi dan pengalaman antar sesama personel Angkatan Udara, Latihan AMX Teak Iron 2014 juga sebagai ajang menjalin kerjasama yang baik antar kedua negara bersahabat, khususnya kerjasama bidang militer. Untuk USAF sendiri akan melibatkan dua pesawat angkut jenis C-130 dan ratusan personel yang berasal dari Special Operation Group (SOG) 353 yang berpangkalan di Jepang. Sedangkan untuk TNI AU akan melibatkan sejumlah pesawat Hercules C-130 Skadron Udara 32 Abd, Malang dan sejumlah pasukan dari Batalyon Komando 462 Paskhas yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Latihan yang direncanakan berlangsung hingga 23 Mei 2014 ini akan melaksanakan latihan misi penerbangan di “West Training Area” Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dengan lokasi Drpping Zone di Pasir Putih dan Siabu.


    Hingga hari ini terlihat kesibukan sejumlah personel USAF yang berposko di ACMI Lanud Rsn dalam menyiapkan seluruh peralatan yang akan digelar selama pelaksanaan latihan berlangsung. Direncanakan pada hari ini seluruh peserta latihan akan tiba di Lanud Roesmin Nurjadin.