Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

UPACARA PERINGATAN KE-67 HARI BAKTI TNI AU DI LANUD RSN

Bagikan via:


Segenap anggota jajaran Lanud Roesmin Nurjadin dan satuan Insub mengikuti upacara peringatan ke-67 Hari Bakti TNI Angkatan Udara yang bertempat di Main Apron Lanud Roesmin Nurjadin, Kamis (7/8). Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis. Turut hadir pada upacara tersebut Ketua Pia AG Lanud Rsn, Ny. M. Khairil Lubis dan sejumlah anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) Lanud Rsn.


Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI I.B Putu Dunia yang dibacakan Inspektur upacara menyampaikan bahwa peringatan Hari Bakti TNI AU merupakan peristiwa penting yang bersejarah dimana pada tanggal 29 Juli 1947 terjadi dua peristiwa yakni serangan udara terhadap kedudukan Belanda di Palagan Kota Salatiga, Semarang dan Ambarawa yang dilakukan oleh para pendahulu Angkatan Udara dalam mengusir musuh yang ingin menjajah persada ibu pertiwi. Pada hari yang sama pesawat Dakota VT-CLA yang membawa  obat-obatan bantuan dari palang merah Malaya untuk misi kemanusiaan, di tembak pesawat Kitty Hawk Belanda dan jatuh di desa Ngoto, sekitar 3 km selatan kota Yogyakarta.   dalam kejadian tersebut, TNI Angkatan Udara kehilangan putra terbaiknya, yaitu Komodor Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Udara Prof. Dr.  Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara  Adisoemarmo.


Dua peristiwa besar tersebut merupakan bukti nyata pengabdian tulus putera terbaik Angkatan Udara kepada Negara dan bangsa. Perjuangan dan pengorbanan yang telah diberikan mewariskan nilai-nilai semangat juang bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut Kepala Staf Angkatan Udara menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus wajib melanjutkan nilai-nilai dan semangat pengabdian para pahlawan, para pendahulu dan para senior TNI AU, dengan meneguhkan tekad untuk senantiasa membangun jiwa dan semangat pengabdian, serta tekad untuk mewujudkan cita-cita beliau yang juga merupakan cita-cita kita semua.


Upacara yang berlangsung hikmat tersebut diikuti oleh seluruh pejabat jajaran Lanud Rsn dan sejumlah anggota PIA AG Cabang 12/D.1 Lanud Rsn. Setelah upacara dilanjutkan dengan acara ramah tamah di ruang Pandawa Baseops Lanud Roesmin Nurjadin.