Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Satgas Udara BNPB Riau Gunakan “Fire Terminator” Atasi Bencana Asap

Bagikan via:

Usaha tak kenal lelah terus dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Asap akibat Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di provinsi Riau untuk atasi bencana asap yang terjadi, termasuk Satgas Udara yang dipimpin langsung oleh Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi.

Danlanud menyampaikan saat ini di Lanud Roesmin Nurjadin telah tiba bantuan sebuah produk untuk mengatasi bencana asap yang berbentuk cairan dengan nama fire terminator slam liquid sebanyak 2000 liter, yang dibawa oleh pesawat CN-295 TNI AU.

“Ini adalah bantuan yang diberikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna untuk membantu mengatasi bencana asap yang masih terjadi, karena TNI AU juga perduli dengan keadaan masyarakat di Riau akibat adanya permasalahan seperti ini”, ujarnya.

Danlanud menambahkan sesuai dengan pernyataan dari tim fire terminator, cairan ini dikatakan tak hanya mampu memadamkan api, menghilangkan asap, tetapi juga akan mampu memutus rantai api, yang artinya dapat mencegah terjadinya kembali kebakaran.

“Cairan ini juga dapat mengikat zat-zat radikal bebas yang timbul akibat adanya kebakaran lahan, sehingga dapat memutus rantai api, dan yang tak kalah penting, cairan ini ramah lingkungan”, lanjut Danlanud.

Mengenai bagaimana nanti penggunaannya, Danlanud menjelaskan bahwa akan direncanakan bagaimana cara terbaiknya, apakah nanti dapat langsung di sebar dengan helikopter, atau nanti digunakan secara langsung di darat.

“Inilah yang akan dikaji dan diteliti oleh tim Litbang TNI AU yang hadir saat ini, sehingga akan diperoleh cara yang terbaik untuk mengatasi masalah bencana asap yang terjadi”, sambung Danlanud.

Adanya bantuan ini menunjukkan bahwa TNI AU akan terus melakukan segala upaya untuk membantu mengatasi kesulitan yang dialami oleh rakyat Indonesia, salah satunya adalah mengatasi bencana asap akibat kebakaran lahan dan hutan.