Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Satgas BNPB Padamkan api dengan “Fire Terminator”

Bagikan via:

Setelah digunakan di wilayah Rimbo Panjang, kali ini tim Satgas Penanggulangan Bencana Asap BNPB kembali menggunakan “Fire Terminator Slam Liquid” untuk memadamkan api yang berada Bukit Bungkuk, Desa Siabu Kecamatan Salo, Jum’at (23/10).

Melewati jalan setapak, sungai hingga mendaki bukit dengan kemiringan sekitar 50 derajat, tetap tak menyurutkan semangat dari tim yang terdiri dari para prajurit Yonko 462 Paskhas, anggota Koramil, Polsek dan Manggala Agni dan di pimpin langsung oleh Danyonko 462 Paskhas Letkol Pas Solihin, untuk dapat memadamkan api ataupun asap yang berada di lokasi.

Judah Jay, salah satu anggota tim fire terminator yang juga ikut dalam rombongan mengatakan bahwa dengan menggunakan cairan fire terminator tak hanya api yang dapat dipadamkan ataupun asap yang dihilangkan, namun cairan tersebut juga dapat menghentikan rantai api.

“Yang berarti dapat mencegah terjadinya kebakaran kembali”, tambahnya.

Seusai cairan tersebut yang telah dicampur dengan air disemprotkan, terlihat adanya perbedaan dari suhu tanahnya setelah api padam. Apabila sebelumnya suhunya tinggi sekitar 200 derajat, setelah dipadamkan dengan fire terminator suhu tanahnya berada di kisaran 30 sampai 40 derajat.

Inilah yang dikatakan oleh Judah Jay sebagai langkah memutus rantai api, sehingga api tidak akan muncul kembali.

Menurut salah seorang anggota Manggala Agni yang melaksanakan pemadaman, apabila cairan yang telah dicampur air ini digunakan dengan alat semprot milik manggala Agni yang berdaya tembak hingga 1000 meter, tentu akan sangat bermanfaat dalam proses pemadaman dibandingkan dengan menggunakan air biasa.

“Dengan perbandingan 1 liter cairan “fire terminator” untuk 100 liter air, akan dapat membantu tugas Satgas untuk bekerja lebih cepat dalam memadamkan api”, ujar Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi.