Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Skadron Udara 16 Lanud RSN Menutup Tahun 2018 dengan Tradisi Cuci Pesawat

Bagikan via:


Setiap penghujung tahun, seluruh personel Skadron Udara 16 melaksanakan tradisi cuci pesawat dengan menyuci seluruh pesawat F-16 Fifhting Falcon di Shelter Skadron Udara 16 (31/12).

Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, membenarkan bahwa kegiatan mencuci pesawat F-16 sudah menjadi tradisi di Lanud RSN.

“Kami melaksanakannya sesuai dengan arahan pimpinan agar mengisi akhir tahun 2018 dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat serta jauh dari maksiat dan hura-hura,” katanya.

Komandan Skadron Udara 16 menyampaikan bahwa maksud tradisi pencucian pesawat mengandung makna memegang teguh filosofi untuk menyambut tahun baru 2019 diperlukan kebersihan dan kesucian hati, pikiran, ucapan dan perbuatan seluruh personil Skadron Udara 16 termasuk seluruh alutsista yang dioperasikan.

“Kegiatan ini merupakan rasa syukur selama tahun 2018 Skadron Udara 16 telah berhasil melaksanakan seluruh tugas yang diemban dengan selamat, sukses dan mencapai Zero accident,” kata Letkol Pnb Bambang Apriyanto, Dan Skadron 16.
Skadron yang pada bulan Oktober 2018 kemarin genap berusia 4 Tahun, mengoperasikan pesawat F-16 C/D block 52 id dan bertugas mengamankan wilayah udara yurisdiksi Nasional NKRI.

Skadron Udara 16 merupakan Skadron tempur andalan TNI AU yang berada di wilayah koopsau 1 tepatnya di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Dalam melaksanakan kegiatan pencucian pesawat tersebut, sebenarnya hampir sama halnya dengan melaksanakan pencucian kendaraan darat lainnya akan tetapi ada beberapa hal-hal khusus yang perlu diperhatikan diantaranya adalah diperlukan kualitas air yang bagus kemudian menggunakan deterjen dan kain lap khusus yang tidak merusak cat pesawat.

Sedangkan untuk pesawatnya sendiri, yang dibagian badannya terdapat beberapa lubang- lubang sensor harus ditutup terlebih dahulu sehingga tidak kemasukan air yang dapat merusak sistem komputer yang ada di dalam pesawat.

Kegiatan ini dilakukan secara bergotong-royong oleh seluruh anggota Skadron Udara 16, yang dalam pelaksanaanya dilaksanakan secara bergilir 2 pesawat dalam setiap kali pencucian.