Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Presiden RI Tinjau Hujan Buatan di Provinsi Riau

Bagikan via:


sebelum  menuju lokasi Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau menggunakan helikopter, Presiden Republik Indonesia  Ir. H. Joko Widodo meninjau pesawat C-130 Hercules yang digunakan satgas Udara untuk melaksanakan hujan buatan atau Teknologi Modifikasi Cuaca  (TMC)  bertempat di Shelter charlie, Selasa (17/9).

Pada wawancaranya kepada awak media  Presiden RI  Mengatakan Pasukan tambahan terus berdatangan  membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau. Segala upaya dilakukan baik pemadaman di darat maupun udara.

“Selain mengerahkan pasukan tambahan, upaya pemadaman melalui satgas udara dengan teknik pengeboman air (water boombing) di lokasi kebakaran hutan dan lahan”, lanjut Presiden RI.

Presiden juga menambahkan, Sebanyak 52 pesawat dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Ini pesawat penyemai hujan buatan diberangkatkan. Hari Jum’at lalu juga sudah kita perintahkan, sudah diterbangkan dan alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir, juga hujan turun. Ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam.

“Diharapkan,  dengan penyemaian garam ini akan terjadi hujan.  Karena awannya ada kita berdoa semoga nanti juga jadi hujan, insyaallah di hari ini,” imbuhnya.

Hadir medampingi Presiden RI, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Mentri Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo Gubernur Riau Syamsuar dan jajaran pemerintah daerah lainnya.