Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Satgas Pamrahwan Yonko 462 Paskhas Pos Wamena Amankan Evakuasi

Bagikan via:


 
Dalam rangka pasca kerusuhan di Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya, personel Batalyon Komando 462 Paskhas yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan Bandara Pos Wamena melaksanakan pengamanan proses evakuasi pengungsi yang dipimpin langsung oleh Komandan Pos Kapten Pas Aji Bagoes Prabowo, Kamis (26/9)
            
Dalam proses evakausi TNI Angkatan Udara menyediakan 2 unit pesawat angkut jenis C-130 Hercules dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32. Pengungsian dapat dilaksanakan 3 sampai dengan 4 sorti perhari yang tiap pesawatnya mampu mengangkut sebanyak 150 orang pengungsi per sorti.
 
“Kita akan mengusahakan agar seluruh pengungsi diberangkatkan, tetapi dengan jumlah ribuan gak mungkin bisa kami berangkatkan sekaligus semuanya. Jadi bapak dan ibu mohon bersabar” Ujar Komandan Detasemen Wamena Pangkalan TNI AU Manuhua Mayor Pnb Arif Sujatmiko pada saat memberikan pengarahan kepada seluruh pengungsi.
 
Sejumlah 1.024 orang pengungsi dapat di evakuasi ke beberapa titik ke Jayapura, Timika dan Biak. Mayoritas pengungsi adalah warga pendatang yang berasal dari berbagai daerah. Sampai saat ini proses evakuasi masih berlanjut dan jumlah pengungsi tiap hari bertambah.