Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Kadispers, Jaga Standar Kemampuan Fisik

Bagikan via:


Kesegaran jasmani adalah salah satu  profil prajurit yang profesionl, militan dan inovatif, oleh karena itu dituntut untuk selalu menjaga standar kemampuan fisik.

 

Demikian apa yang dikatakan oleh Kepala Dinas Personel Kolonel Pnb Dedy Supriyanto, S.E, pada kegiatan tes Samapta UKP priode April 2020 yang digelar di Lapangan Andalan Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (29/10/19).

 

Selanjutnya Kadispers Kolonel Pnb Dedy mengatakan, sebenarnya semua prajurit sudah mengetahui tentang standar menjadi seorang prajurit, namun kadang-kadang lupa membina fisiknya, disaat UKP masih ada beberapa personel yang tidak memenuhi standar fisiknya, padahal standar fisik merupakan hal yang penting dalam UKP (Usulan Kenaikan Pangkat).

 

“Pelaksanaan tes samapta bagi personel Lanud Rsn adalah wajib, hal ini untuk menjaga kemampuan dan kondisi fisik personel itu sendiri,  upaya kesadaran pribadi prajurit dalam melaksanakannya, dimana kebugaran jasmani menjadi prioritas utama,  artinya secara periodik pada tiap semester akan dilaksanakan secara terencana, berdasar hal tersebut seluruh personel diharapkan dapat melaksanakannya secara maksimal mengikuti tahapan-tahapan sebelum melaksanakan tes”,ungkap Dedy.

 

Kolonel Pnb Dedy menambahkan, untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan, bahwa kemampuan setiap personel pasti berbeda-beda dan yang mengetahui persis diri pribadi masing-masing, untuk itu jangan diremehkan dalam upaya menjaga faktor keamanan dan keselamatan personel itu sendiri.

 

Sebelum melaksanakan tes, seluruh personel lakukan pengecekan tensi, detak jantung oleh Rumkit dr Soekirman dan dilanjutkan pemanasan, senam ringan dipimpin oleh Kasibinjaskemil Letkol Kes Ojak Sibarani.

 

Adapun tes meliputi tes kesegaran samapta “A” yakni lari 2.400 meter dan tes kesegaran samapta “B” meliputi, pull up, sit up, push up dan shuttle run.

 

70 personel yang mengikuti tes Samapta UKP terlaksana dengan aman dan lancar.