Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Aksi Seru Duel Udara TNI AU – TUDM

Bagikan via:

Memasuki hari ke empat Latma Elang Malindo 2019 ditandai  aksi seru duel udara Pesawat Hawk 100/200 Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin dengan Pesawat Hawk Tentara Udara Diraja Malaysia ( TUDM), di Butterworth (21/11/19).

 

Executive Direktur TNI AU, Letkol Pnb Asri E Rangkuti menyebutkan bahwa latihan kali ini merupakan kelanjutan dari exercise  sebelumnya.

 

“Objektif latihan yang diharapkan adalah terlaksananya Latihan Air Combat Tactic baik 2 lawan 2 maupun 4 lawan 4 dari kedua angkatan udara negara serumpun ini”,kata Rangkuti.

 

Letkol Pnb Asri Efendi Rangkiti menjelaskan bahwa pada pagi hari dilaksanakan empat sorti penerbangan yang terdiri dari dua flight melaksanakan Air Combat Tactital antara dua Hawk TNI AU dan dua Hawk TUDM. Sedangkan sore harinya melaksakanan empat sortie satu flight yang terdiri dari empat Hawk TNI AU dan Empat Hawk TUDM.

 

“Area latihan yang digunakan adalah di wilayah Butterworth, Langkawi dan Selat Malaka. Sepanjang hari cuaca cerah dan sangat mendukung dilaksanakan latihan sehingga latihan berjalan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Latihan diawali dengan kegiatan morning brief dilanjutkan medical ceck  before flight dilanjutkan dengan kegiatan penerbangan. Hari keempat kemudian ditutup dengan latihan Foto Exercise dengan tujuh pesawat dua negara melintas formasi di atas Pangkalan Udara “Butterworth”,ucap Rangkuti.

 

Pada latihan Air Combat Tactic dua lawan dua yang dilaksanakan pagi hari, Komandan Skadron 12, Letkol Pnb Ferdinal Umar terbang pada sorti pertama.  Latihan dilaksanakan lebih dari satu jam dan berjalan dengan aman dan lancar.