Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Danlanud Rsn: Cegah Covid-19 Teladani Nabi Muhammad SAW

Bagikan via:

Penyebaran Covid-19 yang sudah pandemi, telah berdampak pada semua sendi kehidupan, baik dari segi ekonomi, sosial maupun agama, hal ini dapat dilihat terbatasnya ruang gerak dan aktifitas dalam kehidupan sehari, dan berdampak juga bagi prajurit TNI Angkatan Udara dalam melaksanakan tugas, namun perlu dicermati apabila seorang prajurit TNI mampu menteladani Nabi Muhammad SAW dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka sebagai insan prajurit, akan mampu melaksanakan tugas dengan baik dan dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Demikian apa yang di dikatakan oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin. Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M., dalam sambutanya pada acara Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H/2020 M, tempat di Masjid Amrullah Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (19/8/2020).

Kemudian Ronny Moningka menjelaskan, perjalanan yang ditempuh oleh Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Medinah bukanlah perjalan biasa, namun membutuhkan waktu, tenaga dan fikiran serta pengorbanan dan perjuangan termasuk antisipasi dari gangguan dan ancaman dari musuh-musuhnya, namun dengan keteladanan, semangat, dedikasi dann kecerdasan yang dimiliki,perjalanan dapat ditempuh dan dilalui dengan mudah dan sampai ditempat tujuan dengan selamat dan akhirnya penduduk Madinah dengan suka cita menerima kehadiran Nabi Muhammad SAW bersama pengikutnya.

“Ini artinya, keteladan dan akhlak yang terpuji yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW salah satu faktor suksesnya dakwah Islamiyah di Kota Madinah, dan disanalah Nabi Muhammad SAW mulai mensyiarkan dakwah Islamiyah dan menata masyarakat agar lebih baik lagi. dan dakwah berjalan dengan sukses, oleh karena karakter keteladan foktor utama kunci keberhasilan,”kata Ronny.

Selanjutnya Marsekal berbintang satu tersebut menambahkan, dengan menteladani kepribadian Mabi Muhammad SAW kemudian diimplementasikan dalam kehidupan seorang prajurit, apapun bentuk tugas yang diemban untuk bangsa dan negara akan mudah dilakukan, milikilah semangat, dedikasi, pengorbanan dan perjuangan agar dalam melaksanakan tugas lebih profesional lagi.

“Tepatlah kiranya, momentum peringatan Tahun Baru Islam dan doa bersama mohon keselamatan dalam pelaksanaan tugas di Lanud Roesmin Nurjadin yang bertemakan, “Dengan semangat Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M kita tingkatkan sinergitas TNI bersama seluruh komponen bangsa menuju tatanan kehidupan baru”, dengan demikian dalam kondisi sekarang ini akan mampu menuju peradaban Madaniah dibawah naungan cahaya Illahi,”ujar Ronny.

Kemudian Ronny berharap, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan dalam pelaksanaan tugas dan berharap agar covid-19 cepat berakhir.

Diakhir sambutanya Danlanud Rsn Marsma TNI Ronny Moningka menyampaikan, saya dan keluarga mengucapkan, “Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442H/2020 M”, semoga di tahun ini kita menjadi insan prajurit yang lebih baik lagi.

Kemudian Dr.Bakhtiar Nasution dalam ceramahnya menyampaikan, perjalanan Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah adalah perjalanan yang penuh resiko dan tantangan, namun karena Beliau memiliki mental yang tangguh dan pantang menyerah agar dakwah Islamiyah tersebut dapat berjalan dengan baik, namun pada intinya yang diharapkan di zaman sekarang ini adalah, kita harus mampu merubah diri yang lebih baik lagi, dan kita hijrah menuju riddho Illahi.

“Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA pernah mengungkapkan, “Barangsiapa hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang beruntung. Barangsiapa hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia adalah orang yang merugi. Dan barangsiapa hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang terlaknat,”ujar Ustadz Bakhtiar.

Kemudian, Dr.Bakhtiar menambahkan, jadi, setiap muslim harus introspeksi terus apa yang telah diperbuat untuk masa depannya. Masa lalu akan semakin jauh, dan akhirat yang kita tuju semakin dekat maka marilah kita pergunakan waktu ini sebaik-baiknya agar nantinya diakhirat kita termasuk orang-orang yang beruntung.

Acara diawali Shalat Magrib berjamaah, Pembacaan ayat suci al-Quran,ceramah agama, doa dan ditutup dengan shalat Isya berjamaah.

Turut hadir, Danwing 6 Kolonel PNB Setiawan, Kadisops Kolonel PNB Dedy Supriyanto,S.M., Kadispers Letkol ADM Fauzan Zuhdi, Kadislog Kolonel Tek Dwi Wihananto,S.E.,, Dan Para Pejabat, dan perwakilan Bintara,Tamtama dan PNS serta turut juga hadir Ibu-ibu PIA AG Cab. 12/D.I Lanud Rsn.