Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Latihan Jalak Sakti Tahun 2020, Kasau Berikan Apresiasi para Penerbang Tempur

Bagikan via:

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., meninjau Mission Oriented Training (MOT) dalam latihan antar satuan Komando Operasi TNI AU (Koopsau) I “Jalak Sakti” Tahun 2020 di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Senin (7/9/2020).

Dalam peninjauan latihan MOT tersebut Kasau memberikan apresiasi kepada para penerbang yang berhasil menembakkan misil dengan tepat pada target sasaran.

Pada kegiatan tersebut Kasau mengunjungi gedung Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) untuk menyaksikan pergerakan pesawat tempur yang sedang melaksanakan latihan manuver lapangan dengan sasaran Air Weapon Range (AWR) Siabu guna melihat kemampuan para penerbang tempur dalam operasi udara dengan berbagai formasi melalui layar monitor yang terintegrasi dengan pesawat tempur dilanjutkan menerima paparan dari Danlanud dan Danwing 6 Lanud RSN.

Usai menyaksikan pertempuran udara melalui ACMI, Kasau berkesempatan meninjau langsung Air Weapon Range (AWR) Siabu yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dengan menggunakan Heli Caracal.

Latihan MOT dimaksudkan untuk memberikan kemampuan penerbang TNI AU pada misi-misi pertempuran dalam operasi udara, sekaligus meningkatkan kemampuan koordinasi dan kerjasama antara penerbang yang mengoperasikan alutsista TNI AU.

Kegiatan latihan ini berlangsung selama dua hari dengan melibatkan pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 12, serta pesawat F-16 dari Skadron Udara 16.

Pesawat tempur terdiri dari 2 pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12, 8 pesawat F-16 dari Skadron 16, 2 pesawat tempur dari Skadron 1 dan 1 Boeing intai dari Skadron 5.

Turut hadir mendampingi Kasau Para Asisten Kasau, Pangkoopsau I, Dankodiklatau, Dankorpaskhasau, Danseskoau, para pejabat Mabesau, Danlanud Atang Sendjaja, Danlanud Suryadarma, dan Danlanud Supadio.