Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Danlanud Rsn Dampingi Menteri PURR Hadiri Peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Bagikan via:

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T.,M.M., dampingi Menteri PUPR Basuki Hadimulyono dalam rangka peresmian jalan tol Pekanbaru-Dumai secara virtual oleh Presiden RI Ir.Joko Widodo, tempat di Gerbang Tol (GT) Dumai-Riau, Jum’at (25/9/2020).

Dalam sambutannya Presiden RI. Ir.H.Joko Widodo sebut, bahwa pembangunan Tol Trans-Sumatera Serap 296.000 Tenaga Kerja, Meski begitu, Jokowi tetap mengenakan helm dan rompi proyek layaknya para pejabat yang berada di lokasi jalan tol.

Layar di belakang Jokowi juga menampilkan gambar dari GT Dumai sehingga membuat Jokowi seolah hadir langsung di lokasi.

Dalam sambutannya, Jokowi meyakini ruas tol Pekanbaru-Dumai ini akan meningkatkan konektivitas di Provinsi Riau yang berujung pada perbaikan ekonomi.

“Ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju,” kata Jokowi.

Jokowi pun berpesan agar seluruh masyarakat Riau memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya.

Sebelumnya, dalam sambutan Gubernur Riau, Drs H Syamsuar Menyampaikan, kami atas nama pemerintah Prov. Riau mengucapkan terima kasih kepada bapak presiden RI yang hadir secara virtual dalam rangka peresmian Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Dumai.

“Dengan diresmikannya jalan tol Dumai-Pekanbaru yang merupakan menjadi tonggak sejarah bagi Provinsi Riau, tentu saja jalan Tol Dumai-Pekanbaru bukan hanya bermamfaat bagi masyarakat Dumai , tapi juga bagi kabupaten Lain yang ada di Provinsi Riau,”kata Syamsuar.

Gubernur Provinsi Riau menjelaskan, bahwa Dumai merupakan kota pelabuhan yang berbatasan dengan negara tetangga, dengan adanya jalan Tol ini akan memperlancar ekspor dan imfor yang akan membuat pertumbuhan ekonomi semakin maju.

Sedangkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sebelumnya memaparkan, bahwa pihaknya menargetkan jalan tol dari Lampung hingga Pekanbaru akan tersambung pada 2023 mendantang.

“Kami targetkan akhir tahun 2023 Lampung-Pekanbaru sudah bisa disambungkan,” ujar Basuki.

Perlu diketahui bahwa Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari enam seksi, yaitu Seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 kilometer, Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 kilometer, dan Seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 kilometer.

Kemudian, Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 kilometer, Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 kilometer, dan Seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 kilometer.