Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Cegah Covid-19, Ribuan Warga Lanud Rsn Laksanakan Rapid Test

Bagikan via:

Keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin lakukan rapid test dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, bertempat di Komplek, Gor Andalan dan di Rumah Sakit Lanud Rsn, Selasa (13/10/2020).

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M., mengatakan, TNI AU khususnya Lanud Rsn akan terus berupaya dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang sudah pandemi ini, baik bagi personel maupun warga komplek Lanud Roesmin Nurjadin, oleh karena itu Lanud Rsn akan terus melakukan testing kepada anggota beserta warganya dan betul-betul dipastikan bahwa warga Lanud Rsn steril dari wabah ini.

“Perlu diketahui, sebagian besar warga Lanud Rsn ada yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, melayani masyarakat, melindungi masyarakat, seperti petugas Covid, Babinpotdirga dalam kegiatan patroli, membuka pelayanan publi, tidak kemungkinan ada juga warga dan personel Lanud Rsn yang terpapar virus corona, sehingga segera laksanakan tindakan preventif, agar Covid-19 tidak menyebar kepada yang lainnya,” kata Ronny Moningka.

“Saya yakin dengan pelaksanaan rapid test ini kita akan lebih mengetahui secara dini tentang kondisi personel dan warga Lanud Rsn apakah ada yang positif maupun tidak, tentunya pihak Rumkit dr Sukirman Lanud Rsn akan lebih mengetahui akan hal itu,”ujar Danlanud Rsn.

Danlanud Rsn menambahkan, ucapan terimakasih kepada personel dan warga Lanud Rsn yang telah mematuhi protokol kesehatan, dan kita berdoa semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi kita semua.

Kapen Lanud Rsn Letkol Sus M.Zukri langsung mengkofirmasi kepada Karumkit dr.Sukirman Mayor Kes dr.Agus Sukamto tentang hasil rapid test yang sudah digelar selama ini, dr.Agus Sukamto mengatakan, bahwa sampai sekarang personel dan warga Lanud Roesmin belum ada yang terkontaminasi oleh Covid-19, hal ini saya menilai bahwa warga Lanud Rsn sangat intens mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

“Pemeriksaan screening covid-19 di Lanud Rsn akan terus dilaksanakan secara periodik untuk deteksi dini penyebaran covid- 19 di lingkungan Lanud RSN sehingga tidak menimbulkan cluster baru di Prov Riau, lebih kurang 2.700 orang personel dan warga Lanud Rsn yang ikut rapid test, namun sampai sekarang belum ada yang terindikasi secara positif, kalau ada, pihak rumah sakit akan segera melakukan tindakan preventif,” kata Mayor Kes dr. Agus.

Mayor Kes Agus Sukamto mengatakan, Rumah sakit dr. Sukirman akan terus melayani personel, warga maupun masyarakat untuk melaksanakan ravid test, apabila ada yang mengeluhkan kesehatannya dimasa covid-19 ini.

Selama menjalankan rapid test, personel dan warga Lanud Rsn tetap menjalankan protokol kesehatan.