Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Jelang Latihan Jalasakti, Pesawat Tempur TNI AU Gelar Latihan Weapon Delivery

Bagikan via:

Menjelang Latihan Antar Satuan Jalak Sakti yang digelar Koopsau I, tanggal 3 s.d 6 Mei 2021 Skadud 12, Skadud 16 yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin dan Skadud 1 bermarkas di Lanud Supadio Pontianak gelar kegiatan air to ground weapon delivery di AWR Siabu Lanud Roesmin Nurjadin.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, bahwa latihan Weapon Delivery kali ini menggunakan bomb latih BL-25, MK-82 Inert, rocket FFAR smoke warhead, dan bomb live MK-82 hight explosive dan MK-12 senjata andalan F-16.

“Latihan yang dilaksanakan oleh Skadud 12, Skadud 16 dan Skadud 1 disamping persiapan latihan Jalak Sakti, namun juga untuk meningkatkan profesionalisme para penerbang dalam mengoperasikan pesawat tempur dengan melakukan penembakan dari udara ke darat”, kata Andi Kustoro.

Marsma TNI Andi Kustoro menjelaskan, bahwa latihan weapon delivery yang digelar nantinya, dari tanggal 14,15 dan 16 Juni 2021 di AWR Buding Tanjung Pandan, merupakan latihan profesiensi yang dilaksanakan secara berkala guna membina dan meningkatkan kesiapan penerbang maupun alutsista yang dioperasikan.

Marsma TNI Andi Kustoro menambahkan, meskipun sekarang masa pandemi Covid-19, latihan rutin akan terus dilakukan agar para prajurit TNI AU khususnya para penerbang menjadi prajurit yang kesatria, militan, loyal dan profesional.