Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

6 Unit Pesawat Tempur F-16 Amerika Serikat Mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin

Bagikan via:


Sebanyak 6 unit pesawat F-16 milik Amerika Serikat mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Minggu (13/6/2021).

Disisi lain, tepat di parkiran pesawat tempur milik Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, sudah stnby puluhan prajurit Amerika Serikat menggunakan loreng coklat.

“Ada 6 peswat F-16 dari US terbang daru Pangkalan Misawa, Jepang langsung ke Pekanbaru, dengan waktu selama 5 jam 30 menit. Mereka akan melaksanakan latihan Cope West Tahun 2021 dengan TNI AU, dalam hal ini langsung menggunakan pesawat Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan Skadron 3 Lanud Iswahjudi totalnya sebanyak 6 pesawat,” kata Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel Pnb Jajang Setiawan.

Selanjutnya kata perwira menengah dengan bunga tiga dipundaknya itu menyampaikan, tujuan latihan ini adalah untuk menjalin hubungan antara dua Negara, Amerika Serikat dan Indonesia.

“Kita berbagi ilmu dan sharing, dimana masing-masing penebang memiliki kemampuan yang berbeda. Kami tentunya akan berdiskusi dan berbagi ilmu antara kedua negara. Tentunya amerika banyak pengalaman dalam melakukan berbagai operasi udara. Tujuan paling penting adalah belajar dan berbagi pengalaman antar sesama penerbang,” lanjutnya.

Terakhir Kolonel Jajang menjelaskan, latihan bersama ini tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19 sesuai aturan yang diberlakukan oleh Gugus Tugas Covid-19.

“Penangana protokol kesehatan sudah ketat sesuai arahan Gugus Tugas pusat dan daerah. Kami sudah berkoordinasi dengan mulai dari Dinkes mulai dari kedatangan. Melaksanakan PCR, hingga Karantina. Untuk protokol ini sudah kami jaga, gunany untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” tutupnya.