Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Latihan Cope West TNI AU-USPACAF, Resmi Digelar

Bagikan via:

Latihan bersama (Latma) yang digelar dari tanggal 14 s.d 25 Juni 2021 dengan sandi, Cope West 2021″, antara TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan United State Pacific Air Force (USPACAF) resmi dibuka, tempat di Ruang Arjuna Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin (14/6/2021).

Pernyataan pembukaan latihan, ditandai dengan upacara militer di ruang Arjuna Lanud Rsn yang dipimpin oleh Direktur Latihan kedua angkatan udara, Direktur Latihan dari TNI AU dijabat oleh Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M.,M.Han.,PSCJ., yang kesehariannya sebagai Komandan Wing 6, sementara dari USPACAF adalah Colonel Brian A. McCullough, Atase Udara Amerika Serikat untuk Indonesia.

Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro Kolonel Pnb Jajang Setiawan, menyampaikan, Latma Cope West adalah peluang besar bagi kedua negara dalam meningkatkan persahabatan dan kerjasama, dengan tujuan meningkatkan kemampuan interoperabilitas antara TNI AU dan US PACAF.

“Cope West merupakan peluang besar bagi TNI AU dan USPACAF untuk meningkatkan interoperabilitas dalam melaksanakan pertempuran udara, dan saling berbagi ilmu pengetahuan, khususnya tentang teknik maneuver udara,” ungkap Jajang.

Kepada seluruh peserta latihan Jajang Setiawan mengatakan, agar melaksanakan latihan ini dengan efektif dan tetap memprioritaskan faktor keselamatan terbang dan kerja.

“Di masa Pandemi Covid-19 harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan,menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas agar kita bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19”, kata orang no.1 di jajaran Wing 6.

Hal senada juga disampaikan Colonel Brian A. McCullough, pihaknya berharap latihan ini dapat meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat yang sudah terjalin sangat baik selama ini, terutama kerjasama militer antara TNI AU dan USPACAF.

Selama 2 minggu ke depan, sejumlah pesawat tempur F-16 TNI AU dan USPACAF akan berlatih bersama dilangit Riau. Seluruh tahapan latihan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

Turut hadir pada pembukaan latihan ini, Wakil Direktur Pusat Latihan Lambangjaau, Kolonel Pnb Dody Fernando, Danskadron Udara 3, Letkol Pnb Agus Dwi A, sejumlah pejabat Lanud Rsn dan USPACAF, dan para peserta latihan dari kedua negara.