Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Jelang Puncak Jalak Sakti, Pesawat Tempur Manuver Dilangit Pekanbaru

Bagikan via:

Sempat menimbulkan pertanyaan, adanya pesawat tempur melakukan manuver dengan terbang rendah dilangit Pekanbaru.

Dikonfirmasi Kapen Lanud Rsn Letkol Sus M Zukri menjelaskan bahwa itu merupakan kegiatan latihan jalak sakti latihan antar satuan yang digelar Koopsau I, yang melibatkan pesawat tempur yang ada di Pekanbaru.

“Itu gladi manuver lapangan, nantinya akan dilaksanakan pada acara puncak latihan Jalak Sakti yang akan digelar Pulau Belitung Bandara Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin tanggal 14-15 Juni 2021, ” kata Kapentak kepada wartawan.

Disampaikannya juga, bahwa pembukaannya geladi posko juga telah digelar secara virtual dan diikuti juga oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, Rabu (3/6) kemarin. Dibuka secara resmi oleh Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsma TNI Tedy Rizalihadi ST MM, dari Makoopsau I Halim Perdanakusuma.

Latihan antar satuan jajaran Koopsau I Jalak Sakti dan Wing I Paskas Hardha Marutha I tahun 2021 merupakan program kerja Koopsau I yang dilaksanakan dua tahap dengan gladi posko dan gladi lapangan. Untuk gladi posko ada latihan Tactical Air Manuvering Game (TAMG) di Makoopsau I secara tatap muka, dan secara vicon masing-masing Satpespur di Wing 6 Lanud RSN, Satpesang di Wing 1 Lanud HLM, Satpes Intai di Wing 7 Lanud SPO dan Satgas Dukops di Wing 4 Lanud ATS.

Ini merupakan gladi lapangan yang akan dilaksanakan 14-15 Juni 2021 di Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoedjin Tanjung Pandan .

Tujuannya, seperti disampaikan pangkoopsau, untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsau I dalam merencanakan, dan melaksanakan strategi operasi udara secara tepat guna dan berhasil guna dalam menghadapi kemungkinan kontijensi yang akan terjadi, serta mewujudkan kesiapsiagaan operasional dan melatih Interoperability Wing I Paskhas dalam merancang dan, mengendalikan dan melaksanakan latihan dengan metode gladi posko dan gladi lapangan dengan sifat satu pihak dikendalikan.

“Jadi itu hanya latihan saja, ” tutur Kapentak.