Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Perwira AAU 93, Peraih Adhi Makayasa Jabat Komandan Lanud Rsn

Bagikan via:

Marsma TNI Ian Fuady alumni AAU 93, peraih Adhi Makayasa dilantik secara resmi oleh Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I Marsda TNI Tedi Rizalihadi S., M.M., menggantikan Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., pada Upacara Sertijab Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, tempat di Apron baseops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Senin (27/6/22).

Turut hadir, Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, Ketua DPRD Riau Yulisman, S.Si.,M.M, Kapolda Irjen Pol Muhammad Iqbal, SK, M.H., dan para forkopimda lainya, juga hadir Forkopimda Kota dan Kabupaten, Bupati Kampar Dr.H.Kamsol, M.M., dan undang lainya.

Marsma TNI Ian Fuady suami dari Dian Ian Fuady memiliki dua orang anak yaitu, Muhammad Rizky Ramadhani, B.Eng, bekerja di Rakuten Mobile, Inc Tokyo Jepang, sedangkan Almira Danell Azzahra , kuliah di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta. Sebagai penerbang F-16 Fighting Falcon Marsma TNI Ian Fuady peraih Adhi Makayasa tahun 1993, dan pernah bertugas sebagai Atase Pertahanan KBRI Jepang (2014—2018), jabatan sebelumnya adalah Dirdik Kodiklatau,

Sedangkan Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., suami dari Ir. Iswari Iskandar, memiliki 3 orang anak yaitu, Fairuz Ramdhanu Halinta Dariandis sebagai penerbang pesawat sipil Batik Air, Nadif Rizqullah Halinta Dariandis sedang mengikuti pendidikan Taruna AAU tingkat III, dan Juan Sukhoi Halinta Dariandis sedang mengikuti kuliah salah satu perguruan tinggi ternama di Jakarta. Sebagai penerbang pesawat tempur Sukhoi yang pernah bertugas di Atase Pertahanan RI untuk Rusia. Saat ini Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., menduduki jabatan baru sebagai Perwira Sahli Tingkat III Bidang Ekkudag Panglima TNI. Kemudian Berdasarkan Keputusan Presiden RI, nomor 36/TNI/2022 mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya yaitu Marsekal Muda TNI (bintang dua) yang akan melaksanakan lapor korps kenaikan pangkat pada hari Selasa tanggal 28 Juni 2022 di Mabes TNI.

Pangkoopsud I Marsda TNI Tedi Rizalihadi S.,M.M., dalam sambutannya mengatakan,
tantangan tugas yang kita hadapi kedepan semakin dinamis dan kompleks, namun semua itu harus mampu kita laksanakan dalam bentuk wujud kehadiran TNI Angkatan Udara, yang memiliki visi pertahanan yang tepat, melalui assessment yang tajam terhadap persepsi ancaman yang paling potensial yang akan kita hadapi.

“Terkait dengan hal tersebut, keberadaan Pangkalan TNI AU menjadi sangat penting dan strategis, khususnya pangkalan udara yang memiliki Skadron Udara beserta alutsista yang diawakinya”,ungkap Panglima.

Lebih lanjut Marsda TNI Tedi Rizalihadi menjelaskan, Kedudukan Lanud Roesmin Nurjadin sangatlah strategis, karena keberadaannya yang dekat dengan selat malaka serta berbatasan dengan negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. Di satu sisi, hal ini sangat menguntungkan bagi pembinaan dan kerjasama bilateral, khususnya di bidang pengamanan wilayah perbatasan serta latihan militer bersama. Namun di sisi lain, dengan letak tersebut, tidak menutup kemungkinan, akan terjadinya pelanggaran wilayah yang merugikan bagi masing-masing negara.

“Sebagai insan udara Saya yakin personel Lanud Roesmin Nurjadin adalah personel-personel yang profesional dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas-tugas kedinasan, sehingga dapat terus mengukir prestasi pengabdian untuk bangsa dan negara. Kesemuanya ini, tentu karena pimpinan sudah menyiapkan seorang Komandan Lanud dari perwira pilihan, tak terkecuali Marsma TNI Andi Kustoro, S.E.”,ujarnya.

Pangkoopsud I puji kinerja Marsma Andi Kustoro, Kontribusi yang telah Marsekal berikan demi kemajuan Lanud Roesmin Nurjadin sudah selayaknya mendapatkan apresiasi. Atas keberhasilan itu, selaku Pangkoopsud I, saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, diiringi doa semoga Marsekal dapat mengukir prestasi yang lebih baik lagi dalam mengemban tugas yang baru sebagai Sahli Tk III Bidang Ekkudag Panglima TNI.

“Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada ibu Iswari Andi Kustoro yang tidak saja dengan setia mendampingi suami dalam mendukung tugas kedinasan, akan tetapi juga terus berupaya dengan memberikan kontribusi terbaik untuk memajukan organisasi PIA Ardhya Garini Cabang 12 Daerah I Lanud Roesmin Nurjadin, sehingga keberadaannya semakin dapat dirasakan manfaatnya”,ucap Marsda TNI Tedi Rizalihadi yang juga pernah menjabat Kadisops Lanud Rsn 2008 s.d 2010).

Orang no.1 dijajaran Koopsud I mengatakan, kepada Marsma TNI Ian Fuady, saya menyampaikan ucapan selamat atas jabatan baru sebagai Komandan Lanud Roesmin Noerjadin yang baru. Kepercayaan yang diberikan pimpinan kepada Marsekal adalah suatu kehormatan yang sekaligus mengandung tanggung jawab yang tidaklah ringan. Disamping itu, perlu saya ingatkan bahwa jabatan pada hakekatnya merupakan amanah yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya.

Diakhir sambutan paling Panglima berpantun,

-Lancang kuning, berlayar di lautan
-Menembus ombak, dengan perkasa
-Seorang pemimpin, jadilah panutan
-Demi negeri, aman sentosa

-Air terjun Aek Martua, sangatlah memukau
-Sungai kampar, banyak Ikan Patinnya
-Terimakasih banyak, Forkopimda Riau
-Atas atensi, dan kerjasamanya.

Setelah sertijab dilaksanakan acara Playpass pesawat F-16, kemudian dilanjutkan serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud Rsn oleh Ketua PIA Daerah I Koopsud I Ny. Dewi Tedi Rizaldi dari Ny. Iswari Andi Kustoro kepada Ny.Dian Ian Fuady.

Kemudian dilanjutkan acara tradisi dari Kapolda Riau, mangantar Marsma TNI Andi Kustoro star dari Pandawa Lanud Ran sampai MTQ dengan menggunakan Baraccuda Brimob.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.