Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Danlanud Rsn: Pendonor Adalah Pahlawan Masa Kini

Bagikan via:

Bagi Insan TNI AU, darah yang didonorkan untuk masyarakat yang membutuhkan belumlah sebanding dengan pengorbanan jasa-jasa para pahlawan yang gugur di medan perang, namun perlu disadari bahwa pendonor darah adalah pahlawan masa kini, karena ini merupakan bagian dari implementasi nilai-nilai Kepahlawanan, dan bentuk kepedulian kepada sesama, “Setetes darah sangat bermanfaat bagi keselamatan jiwa”.

Demikian yang dikatakan dalam sambutannya Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ian Fuady, pada acara donor darah dalam rangka peringatan ke-75 Hari Bhakti TNI AU yang diperingati setiap tanggal 29 Juli, kali ini donor darah bertempat di Hotel Furaya-Pekanbaru, Kamis (30/6/22).

Turut hadir, Relawan Peduli Covid-19 Toni Lim, Kepala Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau Ahmad Djamhari, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau Ismed Saputra, Kakanwil Ditjen Bea dan Cukai Provinsi Riau Agus Yulianto, Kakanwil Ditjen Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau (RSK) Sudarsono, Kepala Badai Diklat Keuangan (BDK) Arfiansyah, Para Pejabat Lanud Rsn, dan pengurus PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud Rsn.

Danlanud Rsn Marsma TNI Ian Fuady menjelaskan, di masa pandemi Covid -19 ketersediaan darah di PMI Pekanbaru cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah di masyarakat sangat meningkat, tepatlah kiranya donor darah bagi personel Lanud Roesmin Nurjadin adalah momentum yang baik menjelang Hari Bhakti TNI AU.

“Kami ingin menggugah semangat dan kesadaran yang tinggi bagi prajurit dan masyarakat untuk sukarela sebagai bagian cara menolong sesama tanpa memandang, suku, agama, dan ras. sehingga pendonor dapat menjadi inspirator bagi masyarakat lainnya yang belum tergerak hatinya untuk mendonorkan darahnya”,ujar Ian Fuady.

Kemudian Marsma TNI Ian Fuady menjelaskan, mendonorkan darah tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, tetapi juga bermanfaat bagi pendonor itu sendiri seperti, mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kangker, meningkatkan produksi darah, pikiran lebih stabil, menurunkan kolesterol, dan lain-lain sebagainya.

“Oleh karena itu kami akan terus berusaha meningkatkan kerjasama dengan stokeholder dan mitra, baik di lingkungan pemerintahan maupun kalangan swasta, komunitas serta organisasi lainnya yang berkomitmen membantu memenuhi kebutuhan dan produk darah bagi masyarakat Riau khususnya Kota Pekanbaru. Yakinlah bagi pendonor tidak perlu khawatir karena donor darah itu aman dan sehat”,ujar Ian Fuady.

Sedangkan Ketua PMI Pekanbaru Drs. H. M. Noer dalam sambutan nya mengatakan, kami merasa bangga dan bersyukur, dimana Lanud Roesmin Nurjadin ikut berkontribusi mendonorkan darahnya untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan, Alhamdulillah dengan bertambahnya stock darah di PMI akan memudahkan dan meringankan kerja PMI dalam menyalurkan darah kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami dari PMI mengucapkan banyak terimakasih kepada personel Lanud Rsn, Khususnya kepada Komandan Lanud Rsn yang ikut mendonorkan darahnya untuk kepentingan masyarakat”,ungkapnya.

Kemudian Komandan Lanud Rsn menyerahkan berupa sembako kepada personel yang ikut mendonorkan darahkan, dan kegiatan dilanjutkan foto bersama.