Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Pesawat F-16 Tinggalkan Kota Bertuah Perkuat Kota Pendekar

Bagikan via:

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Ian Fuady pimpin upacara pelepasan 3 pesawat tempur F-16 dari Skadud 16 Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin dari Kota Bertuah Pekanbaru-Riau menuju Kota Pendekar- Madiun-Jawa Timur, untuk memperkuat Skadron Udara 14 Wing Udara 3 Lanud Iswahyudi, tempat di Shalter Skadud 16 Wing Udara 6 Lanud Rsn, Selasa (11/10/22).

Pelapasan turut dihadiri, Komandan Wing Udara 6 Kolonel Pnb Bagus Haryadi B, Kadisops Kolonel Pnb Asri Efendi Rangkuti, Kadislog Kolonel Tek Dody Kurniadi, S.E., Kadispotdirga Kolonel Tek P. Siboro, S.T., Danskadud 12 Letkol Pnb Putut Hanggiro, Danskadud 16 Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira, Dansatpom Letkol Pom I Gede Eka Santika, Danskatek 045 Letkol Tek Hironimus Setiajaya, Karumkit dr.Sukirman, Pejabat Lanud Rsn, dan Para Perwira di Jajaran Skadud 16.

Komandan Lanud Roesmin N. Marsma TNI Ian Fuady dalam sambutannya mengatakan, tradisi pelepasan ini sengaja dilaksanakan untuk mengingat kembali kinerja pesawat F-16 (Eagle Flight) di Skadud 16 yang kurang lebih 8 tahun pengabdian di Bumi Lancang Kuning, hal ini tentunya menjadi kenangan dalam benak dan fikiran para penerbang dan crew Skadud16.

“3 Pesawat F-16 ini akan bergabung ke Skadud 14, untuk menambah kekuatan , tentunya sesuai perintah Kasau”,kata Marsma TNI Ian Fuady.

Lebih lanjut Ian Fuady mengatakan, seperti yang kita ketahui bahwa Skadud 16 adalah tulang punggung di Wilayah Koopsud I, oleh sebab itu setiap kegiatan operasi selalu melibatkan pesawat F-16 termasuk 3 pesawat F-16, ketiga pesawat tersebut ikut berjasa dan berkontribusi dalam mengamankan wilayah udara bagi barat Sumatera. Meskipun tiga pesawat hijrah ke Lanud Madiun, diharapkan para penerbang, dan crew Skadud 16 tetap semangat dan optimis, meskipun karena berkurangnya jumlah pesawat yang ada.

“Oleh karena itu kepada Mayor Pnb Barika, Kapten Pnb Marko, dan Lettu Pnb Sulistiyo, saya titipkan pesawat ini menuju Skadud 14 Wing Udara 3 Lanud Iswahyudi, dan kami mendoakan semoga selamat dan sukses di kesatuan yang baru”,ujar Ian Fuady.

Kagiatan diakhiri do’a, foto bersama, pelepasan stiker lambang Skadud 16, dan dilepas dengan tradisi penyiraman, dan ditutup flypass ketiga pesawat.