Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Final Planning Conference (FPC) Latma Cope West, Interoperability Bomber Landing dan M2MC DAGR 2023 di Lanud Rsn

Bagikan via:

Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru akan kembali menjadi tempat latihan bersama antara TNI AU dengan US PACAF pada tahun 2023

Dalam latihan ini kedua Angkatan Udara Indonesia dan Amerika Serikat akan menggelar latihan dengan sandi “Cope West 2023″, ” Interoperability Bomber Landing” dan “M2MC DAGR 2023”. Khusus M2MC DAGR akan dilaksanakan antara pasukan khusus dari Amerika dan Kopasgat. Untuk Initial Planning Conference (IPC) telah dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 26 Januari 2023.

Kegiatan FPC yang mengambil tempat di Gedung Balai Prajurit Edy Haryoko, terhitung mulai tanggal 13 s.d 15 Maret 2023, maksud kegiatan ini untuk mempersiapkan manuver lapangan yang akan dilaksanakan pada bulan juni 2023.

Latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dari kedua negara dalam suatu operasi bersama (Joint Operation) maupun latihan Combat Operation.

Delegasi dari TNI AU dipimpin oleh Kolonel Pnb Firman Dwi Cahyono Paban III/Lat Sopsau dengan anggota delegasi yaitu, Kolonel Asri Efendi Rangkuti Kadisops Lanud Rsn, Letkol Pnb M.Amry Taufanny, Pabandya Kersamil Paban III/Lat Sopsau, Letkol Lek Fery Duwantoro, Kasi Baseops Lanud Rsn, Mayor Pas Jacky Wohel, Danden 902/Aksus Satbravo 90 Kopasgat, Mayor Pom Hendra, Kadisops Lanud Swo, Mayor Pom Sadin Dansatpom Lanud Swo, Mayor Sus Cahya Kholilush, Mayor Pnb Yusuf Atmaraga, Kasiops Skadud 16 Wing 6, Kapt. Asido Azra, Danflightlat Skadud 16 wing 6 Lanud Rsn, Kapten Tek Agus Choirul, Kaflightline Flighthar Skadud 16 wing 6 Lanud Rsn, Kapten Tek Hari Wijaya, Pama BP Skadron 3 Lanud Iwy, Lettu Pnb Aditya Kasubsiopsud Siops Skaron 3 Lanud Iwy, dan unsur pendukung lainnya.

Sedangkan delegasi dari US PACAF yang dipimpin oleh Mr. Kirk Robert Hummel beserta Planner lainnya dari Amerika Serikat dengan total jumlah delegasi sebanyak 10 orang.

Kegiatan FPC kali ini dilaksanakan untuk mempertajam kesiapan tempat, scenario, dukungan adminstrasi dan logistik yang akan digunakan untuk kelancaran pelaksanaan Latma Cope West, Interoperability Bomber Landing, M2MC DAGR yang akan dilaksanakan di bulan Juni mendatang, dengan beberapa satuan yang terlibat yaitu Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi dan Detasemen 902/Aksus Satbravo Kopasgat

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan Latma Cope West, Interoperability Bomber Landing, M2MC DAGR 2023 ini dapat meningkatkan profesionalitas dari personel TNI AU dan menjaga hubungan bilateral yang baik diantara kedua negara.