Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Lanud Roesmin Nurjadin Peringati Nuzulul Qur’an 1445 H/2024 M

Bagikan via:

Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin memperingati Nuzulul Qur’an 1445 H/2024 M. Peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan di Masjid Amrullah Lanud Roesmin Nurjadin. Rabu (27/3/2024).

Dengan mengangkat tema “Tingkatkan ketakwaan, pererat silaturahmi, dan perkuat persatuan dan kesatuan”. Perayaan Nuzulul Qur’an ini dihadiri Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Feri Yunaldi, S.E., M.Han., Danwing Udara 6, para Kepala Dinas, pejabat jajaran Lanud Roesmin Nurjadin, Komandan Yonko 462, Komandan Denhanud 475 Kopasgat, Ketua PIA AG Cabang 12/ D.1 Lanud Roesmin Nurjadin beserta Pengurus dan jajaran, Pengurus PPAU Cabang 22 Pekanbaru dan diikuti seluruh personel muslim baik Lanud Roesmin Nurjadin maupun Insub.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Roesmin Nurjadin menyampaikan, sebagai seorang muslim sejati, seyogyanya meyakini dan mengamalkan sepenuhnya bahwa Al-qur’an sebagai pedoman dalam hidup dan kehidupan.

“Al-qur’an juga memiliki konsep hidup dalam segala bidang, semua problem manusia sudah dijawab didalamnya. Harus diakui bahwa Al-qur’an tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, akan tetapi juga mengatur hubungan antar sesama manusia bahkan dengan alam lingkungannya.” imbuh Komandan.

Lebih lanjut Komandan menyampaikan dengan memahami dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Al-qur’an secara benar, prajurit TNI AU beserta keluarganya akan terhindar dari prilaku tercela serta perbuatan-perbuatan negatif lainnya, serta akan memiliki moralitas dan motivasi yang tinggi dalam setiap pengabdian kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara.

Sementara itu Al Ustadz H. Yurnalis, S.Ag, penceramah dalam kegiatan Nuzulul Qur’an ini mengawali tausiyahnya dengan menyampaikan pesan Nabi Muhammad SAW, yakni jadilah sebagai perantau di dunia ini, dengan menyiapkan bekal amal sholeh untuk bekal nanti kembali ke kampung halaman di akhirat kelak.

“Diantara amal saleh ini ada tiga amalan yang luar biasa, yang Allah sampaikan di Qur’an Surah 35 ayat 29-30 yang artinya sesungguhnya orang yang secara terus menerus membaca Alqur’an, mendirikan Sholat dan dari rezeki mereka infakkan baik secara terang- terangan maupun sembunyi-sembunyi mereka telah melakukan bisnis yang tidak ada rugi-ruginya.” lanjut Ustadz Yurnalis.

Selanjutnya Al Ustadz menjelaskan tentang Nuzulul Qur’an. Al qur’an turun dari Allah SWT diletakkan terlebih dahulu ke Lauhulmahfudz, lalu diturunkan lagi ke Baitul Izzah lengkap dari Surat Alfatihah sampai dengan Surat An-Nas yang dikenal dengan Lailatul Qadar, selanjutnya turun dari Baitul Izzah ke Nabi Muhhammad SAW selama 22 tahun 2 bulan 22 hari yang diawali surat Al Alaq. Karena proses yang panjang ini maka dikatakan Rosulullah SAW bahwa sebaik-baik manusia adalah orang-orang yang belajar Alqur’an dan mengajarkannya.

Diselingi dengan materi yang menghibur, Ustadz Yurnalis menjelaskan keutamaan-keutaman Al Qur’an. Diantaranya adalah orang yang membaca Al Qur’an akan mendapat syafaat, bermanfaat, dan menaikkan derajat. Selesai tausiyah ditutup dengan doa.