Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Mayor Pas Ade Afandi Resmi Jabat Dansathanlan

Bagikan via:

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., menyerahkan tongkat komando kepada Mayor Pas Ade Afandi sebagai Komandan Satuan Pertahanan Pangkalan (Dansathanlan) tempat di Balai Prajurit Edi Harjoko Lanud Rsn Pekanbaru, Jumat (10/12/21), dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Pengangkatan Mayor Pas Ade Afandi sebagai Komandan Sathanlan sesuai Surat Perintah Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Nomor: Sprin/1054/XII/2021 tanggal 8 Desember 2021, tindak lanjut dari keputusan Kasau tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan dilingkungan TNI AU (Validasi Organisasi)

 

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., dalam sambutannya mengatakan, bahwa

penyerahan jabatan pada hakekatnya merupakan suatu proses dinamika organisasi, sehingga memiliki makna yang sangat penting, karena jabatan merupakan suatu amanah, sekaligus penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara khususnya TNI Angkatan Udara.

 

“Dalam rangka penajaman tugas dan fungsi Pangkalan TNI AU dalam kegiatan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), khususnya dalam operasi pertahanan pangkalan udara, dan pertahanan obyek strategis maka dibentuklah validasi organisasi dari Kamhanlan menjadi Sathanlan dengan jabatan Komandan Sathanlan yang bertugas melaksanakan operasi pertahanan pangkalan udara, pertahanan obyek strategis TNI AU, dan operasi militer lainnya sesuai kebijakan komando atas”,kata Andi Kustoro.

 

Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., menjelaskan, pelaksanaan tugas sebagai Komandan Sathanlan Lanud Roesmin Nurjadin harus dapat memberikan manfaat yang besar bagi organisasi. Penyerahan jabatan haruslah tetap dilihat dalam konteks dinamisasi organisasi artinya penuh semangat dan dedikasi yang tinggi sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan.

 

“Sedangkan dari segi dinamisasi organisasi penyerahan jabatan akan memungkinkan pendayagunaan kemampuan personel secara optimal, menumbuhkan suasana segar dalam kehidupan organisasi serta meningkatkan semangat kerja di seluruh jajaran, yang akan bermuara kepada pencapaian pelaksanaan tugas”,kata Andi.

 

Kemudian Danlanud Rsn mengatakan, dari segi pembinaan personel, penyerahan jabatan merupakan wujud kepercayaan pimpinan, yang juga akan memberikan peluang bagi personel yang bersangkutan dalam pengembangan karier tentunya sesuai dengan pengabdian dan prestasi yang ditunjukkan.

 

“Dilihat dari posisi tugas dan tanggung jawab, jabatan Komandan Sathanlan merupakan sebuah jabatan yang memiliki peran yang sangat penting, khususnya dalam mendukung pelaksanaan tugas Lanud Roesmin Nurjadin, dengan harapan mampu memikul amanah dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan”, ujarnya.

 

Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., menjelaskan, dihadapan saudara terbentang tantangan tugas yang semakin berat selaras dengan tuntutan perkembangan lingkungan yang semakin kompleks. dan segeralah menyesuaikan diri dengan dinas dan lingkungan, saya percaya dengan pengalaman penugasan selama ini, saudara akan dapat melaksanakan tugas ini dengan baik dan penuh tanggung jawab.

 

Diakhir sambutannya, Danlanud Rsn mengucapkan, selamat bertugas dalam jabatan baru, jadikan kepercayaan ini sebagai amanah dan kehormatan yang wajib disyukuri dan jalankan dengan sebaik-baiknya.

 

Turut hadir, Kadisops Kolonel Adhi Safarul Akbar, Kadispers Kolonel Adm Fauzan Zuhdi, Kadislog Letkol Tek Dodi Kurniadi, S.E., Kadispotdirga Kolonel Tek P. Siboro, S.T., dan Para Dansat, serta perwakilan dari perwira lainya.